List Pekerjaan yang Paling Dicari di Masa Depan Versi World Economic Forum

12 Oct 2022

Adik-adik pasti punya gambaran setelah selesai sekolah nanti kepingin jadi apa dan cari kerjaan yang kaya gimana. Walopun mungkin ada sebagian dari adik-adik juga yang bingung nanti pengen kerja di bidang yang kaya gimana. Adik gak perlu khawatir karna sekarang mbah google ngebantu banget buat cari gambaran kira-kira jurusan dan kerjaan apa yang bakal dibutuhin dalam waktu kedepan.


Salah satunya yang dilakuin sama World Economic Forum (WEF), sebuah lembaga penelitian dunia yang ngeprediksi potensi kerjaan di masa depan yang bakalan banyak dicari. Apa aja? Yuk simak, dik!

Internet of Thing (IoT Specialist)

Kemajuan internet yang makin cepet bikin kita harus terus beradaptasi. Makanya, bakalan ada bidang pekerjaan yang punya keahlian buat ngerancang dan ngebuat sebuah peralatan yang terkoneksi sama bisa beroperasi pake jaringan internet. Jadi, adik-adik bisa pelajarin gimana internet bisa terkoneksi satu sama lain lewat sebuah jaringan.

Software Developer

Adik pasti punya smartphone yang diisi banyak aplikasi mulai dari chatting sampe sosmed kan? Nah, aplikasi itu dibuat dan dikembangin sama seorang software developer. Kalo adik kepingin nekunin bidang ini, bisa banget. Seorang software developer emang lagi banyak dicari di masa depan karena orang yang make gadget udah makin banyak dan buat ngimbangin hardware yang makin maju.

Data scientist

Adik suka ngolah sebuah data dan disajiin dengan menarik? Data scientist bisa jadi salah satu pekerjaan yang cocok lho. Sebenernya ada dua bidang kerja buat adik yang suka bermain dengan data, ada data analyst yang tugasnya ngolah data, dan data scientist yang tugasnya nyari dan ngumpulin data buat dianalisis sama analis tadi. Buat yang suka data, pekerjaan ini seru banget, dik. 

AI Spesialis

AI atau Artificial Intelegence Specialist ini juga bakalan banyak dicari karena perkembangan teknologi. Seorang AI spesialis bakalan memprogram sebuah mesin atau komputer yang bisa ngelakuin kerjaan dan belajar kaya manusia. Kecerdasan buatan ini bahkan bisa ngasih hasil yang lebih baik dari manusia lho. Tertarik gak nih, dik?

Big data spesialis

Seorang big data spesialis biasanya bakalan ngeproses sebuah data yang volumenya cukup gede buat diolah dan diproses. Berdasarkan sumber yang saya cari, seorang big data spesialis bisa kerjasama bareng data analis, data engineer, dan tim yang berkaitan dengan data lainnya.

Digital marketing

Digital marketing ini jadi salah satu pekerjaan yang cukup populer sekarang ini. Adik juga pasti udah liat bootcamp-bootcamp yang berseliweran buat jadi seorang digital marketing. Tugas utamanya yaitu nyusun dan jalanin strategi marketing yang bakal dijalanin di channel digital. Dijamin seru.

Spesialis process automation

Process automation specialist atau spesialis proses automation yang punya tugas buat ngebangun teknologi yang ngejalanin kerjaan-kerjaan yang berulang secara otomatis dan bisa dijalanin buat ngegantiin pekerjaan yang dikerjain secara manual. Adik yang tertarik dengan bidang bisa mulai belajar tentang pekerjaan apa aja yang nantinya bakalan digantikan oleh sistem kaya robot.

Bisnis development

Adik tertarik buat bikin strategi bisnis yang ngebantu perusahaan tetep survive? Jadi bisnis development mungkin salah satu bidang pekerjaan yang bisa adik tekunin. Tugas utamanya seorang BD adalah identifikasi pemasaran, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, hingga merumuskan strategi bisnis yang bikin perusahaan tetap tumbuh.

Spesialis transformasi digital

Seiring berkembangnya jaman, akan dibutuhkan seseorang yang memang tugasnya untuk nerapin teknologi yang ada di masa kini dan masa depan untuk ngebantu perusahaan bisa tetep bersaing dan siap berkembang ngikutin perkembangan digital. Pekerjaan ini cocok banget buat kamu yang emang suka sama perkembangan digital yang ada.

Analisis keamanan informasi

Sesuai sama nama kerjaannya, adik bakalan punya job desc buat mantau dan ngelindungin semua informasi dan data-data penting yang dipunya perusahaan tempat adik kerja nantinya. Analisis yang dilakuin biasanya pake perangkat lunak kaya firewall sama program buat enkripsi data. Adik bahkan bisa bikin program sendiri buat ngejamin keamanan datanya lho. 

Yuk siapin diri dari sekarang dengan belajar dan nentuin adik akan bekerja di bidang apa. Biar kedepannya juga adik bisa terus berkembang dengan karir yang akan adik tekunin di masa depan dan siap bersaing gak cuma di Indonesia aja, tapi di luar negeri juga. Semangat!

 

Ditulis oleh:
Nasuha
12 Oct 2022
Dilihat :
126

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait