3 Faktor yang Bikin Financial Adik Malah Bikin Adik Melarat

Bacaan 2 menit

Buat adik yang udah mulai masuk dunia kerja dan udah punya penghasilan sendiri pasti pengen kebutuhan dan keinginannya tercapai lewat penghasilan yang didapet. Tapi buat bikin penghasilan adik terus tumbuh dan berkembang rasanya bakal sulit kalo tiga faktor ini melekat sekali dengan dirii adik.

Perbandingan harga saat ini dan jaman dulu

Waktu adik kecil pasti ada barang impian yang pengen adik beli tapi belum kesampean karena belum punya penghasilan, tapi sekarang setelah punya penghasilan pun harga barang yang adik mau tetep tinggi padahal dulu belum sampai harga sekarang. Nah, ini jadi salah satu faktor yang bikin keuangan adik gak bikin adik jadi apa-apa, kaya ngga melarat iya. Sama halnya dengan harga-harga rumah, HP, kendaraan, biaya nikah, dan lainnya yang semakin hari makin gak masuk akal harga yang ditawarin. Kayaknya jaman dulu hp 2 juta udah bisa dapet yang bagus banget kualitasnya, sekarang boro-boro. Berasa banget yah bedanya.

Kemampuan dalam mencari penghasilan

Di samping itu, bisa dibilang generasi jaman sekarang lebih jago dalam mencari pendapatan. Bahkan di sekeliling adik terutamam temen dan kenalan adik sekarang udah banyak yang jadi influencer dengan skalanya masing-masing. Ini menandakan kalo generasi jaman sekarang lebih pintar dalam mencari peluang buat ngehasilin income walopun pertumbuhan incomenya gak cepet bahkan bisa dibilang jalan di tempat, faktor ini berkaitan sama pengeluaran yang adik lakukan.

Pengeluaran

Dari penghasilan yang adik dapet ternyata gak bikin adik makin kaya, apalagi sekarang lagi trend soft saving yang bikin adik ngeluarin duit buat kesenangan atau sekedar healing, “gak apa-apa ngeluarin duit lebih yang penting kesehatan mental kamu kejaga”, "gak apa-apa ngeluarin uang buat nambah pengalaman hidup". Padahal kalo keseringan soft saving juga gak baik buat financial adik yang terbilang masih pas-pasan. Makanya penting banget buat adik ngejaga uang yang adik punya untuk hal-hal yang emang dibutuhin bukan cuma yang dipengen doang.

Tiga faktor tadi tentu dipengaruhi juga sama teknologi yang makin berkembang terutama internet yang mempengaruhi keputusan-keputusan adik termasuk financial yang adik bangun.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
66

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait