4 Alasan Kenapa Bapak Mesti Sedekah Tiap Hari

25 Nov 2022

Bapak udah punya alokasi pengeluaran khusus buat sosial atau sedekah belum, Pak? Biasanya nih, banyak banget orang yang lupa dan gak nyiapin budget sedekah bulanan, apalagi harian.

Padahal, punya budget buat sedekah itu penting dan juga ngasih banyak manfaat buat Bapak. Gak mesti gede, Bapak bisa mulai dari 2 ribu sampe 10 ribu aja. Gak terlalu berasa, tapi mantap sekali.

Sini saya bisikin beberapa manfaat sedekah tiap hari yang bisa Bapak dapetin:

 

1. Belajar Konsistensi dan Menjaga Komitmen

Ini bisa jadi self training bagi Bapak buat konsisten sama komitmen dengan apa yang telah ditekadkan. Kalau udah jadi kebiasaan, berasa ada yang ganjel aja gitu di pikiran kalo belum dilakuin.

Misalnya, Bapak biasa sedekah pagi hari sambil berangkat ke kantor. Kebetulan sekali hari itu Bapak gak ada uang receh jadi belum sempat sedekah. Itu dari siang, sore, sampai sebelum tidur kaya ada alarm, “Pak, hari ini belum sedekah. Udah khusus ini hari transfer aja via m-banking.”

 

2. Menjaga Kewarasan

Saat Bapak sedekah, secara gak sadar, otak ngasih perintah ke tubuh untuk memproduksi hormon endorfin. Hormon endorfin emang settingan dari pabriknya bisa ngasih rasa bahagia, senang, sama ngebantu ningkatin kekebalan tubuh.

Jadi dengan bersedekah, Bapak membuka ruang-ruang bahagia di tengah tekanan dan tantangan yang lagi dihadapi. Simpelnya, Bapak kaya punya energi baru aja gitu buat ngejalanin hidup dan menjaga kewarasan.

 

3. Menarik Orang yang Satu Frekuensi

Udah hukum alamnya kalo orang yang satu frekuensi bakalan kumpul bareng. Kaya misalnya, Bapak demen bener sama MU, Bapak pasti bakal follow akun yang punya nuansa Red Devil. Atau kalau Bapak suka gowes, Bapak juga bakal kumpul sama yang hobi gowes juga. Emang begitu dari sananya.

Termasuk juga sama sedekah. Kalo Bapak hobi sedekah, Bapak bakal ketemu orang baru yang hobi sedekah juga. Selain itu, chance Bapak ketemu sama orang dengan finansial yang lebih dari Bapak juga bakal lebih tinggi. Bagus banget ini buat ngebuka peluang atau belajar dari mereka. Biar Bapak lebih mantap lagi sedekahnya.

 

4. Mengundang Pertolongan

Pak, ternyata berdasarkan riset akademis yang ditulis di dalam buku Give and Take karya Adam Grant, orang-orang yang berhasil dan sukses adalah orang yang banyak ngasih. Kalo istilahnya tipe giver, bukan taker atau matcher. Kok bisa?

Iya, soalnya, kalo Bapak banyak ngasih atau banyak sedekah, Bapak bakal punya "modal sosial" yang lebih oke. Artinya, Bapak punya banyak orang yang simpati dan rela hati nolong Bapak pas Bapak lagi susah atau perlu.

 

Trus ada istilah klise tapi bener nih, Pak. Yang mungkin Bapak juga sebenernya mah udah tahu:

quote

The more you give, the more you get

Ditulis oleh:
Runa Aviena
25 Nov 2022
Dilihat :
29

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait