4 Cara yang bisa Bapak Lakuin Buat Menanamkan Sifat Jujur pada Anak

26 Aug 2022

Salah satu pikiran saya kalau liat anak tuh gini pak, "Bisa gak ya, saya ngedidik anak saya biar tumbuh jadi orang baik?"

Terus saya mikir, emang orang baik kaya gimana? Terus saya ngecekin berita dan mikir kalau kebaikan paling sederhana ya kejujuran gak sih, Pak? Jadi, kalau saya mau anak saya jadi orang baik, ya saya mesti ngajarin dia jadi orang jujur.

Tapi gimana caranya ya?

Dan hasil sharing-sharing dan belajar dikit, saya nemu beberapa cara ini, Pak. Kali aja bisa berguna juga buat bapak.

1. Kasih pengertian ke anak arti jujur. Anak-anak yang baru kenal kata itu pasti nanya ke Bapak, maksudnya apa? Bapak bisa jelasin pake bahasa anak-anak yang gampang dipahamin, kalo jujur itu berbuat atau bilang sesuai kenyataan. Paling mantap sih pake cerita, Pak.

Andelan saya itu cerita tentang penggembala domba yang berbohong bilang ada serigala yang mau makan domba-dombanya. Pas warga dateng mau nolongin ternyata penggembala malah tertawa dan bilang kalo itu cuma bercanda. Sekalinya beneran ada serigala dan penggembala minta bantuan, gak ada seorang pun yang mau nolongin.

Trus bapak bisa kasih tau juga hikmahnya ke anak bapak. Kalau sekali saja kita berbohong gak akan ada lagi yang mau percaya sama kita.

2. Tanemin ke anak kalo Tuhan Maha Melihat. “Walaupun mama papa gak tahu kalau kamu berbohong, tapi Tuhan pasti tahu ya, nak. Ada malaikat juga yang selalu mencatat perbuatan kita”.

Jangan sekalipun anak usia di bawah 7 tahun ditakut-takuti dan diancam berlebihan, semisal kalo bohong masuk neraka, kalo bohong nanti Tuhan marah dan gak disayang mama papa lagi.

Kita ganti pake kata-kata positif aja, Pak. “Tuhan itu sayang banget loh sama anak yang berbuat dan berkata jujur, Kalo kamu jujur berarti kamu udah ngelakuin hal yang baik, nak!”

3. Tahan emosi saat anak kedapatan gak jujur. Ada kalanya bapak nemu anak bapak bohong. Dan rasanya sediiiiih sekali. Kaya pengen langsung marahin aja biar dia ngerti.

Tapi jangan langsung dimarahin pak. Coba ajak anak bicara baik-baik. Bilang kalau perbuatannya itu gak baik. Trus juga, bapak bisa pelan-pelan tanya kenapa berbohong dan minta dijelaskan kronologinya. Terakhir, bapak bisa minta anak supaya gak ngulangin lagi.

Bisa jadi anak takut dimarahi kalo berkata jujur. Misal tadi dia habis jahilin adiknya. Jadi, bapak perlu bangun kepercayaan kalo Bapak gak akan memarahi kalo anak udah berusaha jujur. Jangan lupa buat diapresiasi ya, kalo anak udah jujur.

4. Boleh mengancam untuk memberi hukuman. Eits, jangan salah sangka dulu. Kalo anak udah melakukan kebohongan berulang, kita boleh bertindak lebih tegas.

Bapak bisa kasih ancaman ke anak dan bilang kalau bapak akan kasih hukuman kalau dia bohong lagi. Tapi gak boleh ancaman kosong ya Pak. Hukuman harus tetep dijalanin biar anak jera dan gak ngulangin perbuatannya lagi.

 

Terakhir, menanamkan value kebaikan emang gak mudah, Pak. Bapak mesti kerja sama juga sama istri. Mesti sabar juga. Dan bapak juga harus sabar dalam prosesnya.

quote

Saya yakin, kalau anak saya udah jujur, kebaikan lain pasti lebih mudah dateng ke hidup dia nantinya.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
26 Aug 2022
Dilihat :
34

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait