4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Beli Emas

Bacaan 2 menit

Bentuk investasi sekaraang banyak bener macemnya, tapi emas masih jadi salah satu bentuk investasi yang tetap eksis sampe sekarang bahkan di kalangan anak-anak gen z saat ini. Walopun emas ini masih bisa dipakai sebagai bentuk investasi jangka panjang yang efektif, tetep aja ada beberapa hal yang harus diperhatiin sebelum beli emas.

Lama penyimpanan emas

Sebelum beli emas penting banget buat tentuin bakal berapa lama buat kamu nyimpen emas yang bakal dibeli. Anjurannya sih, emas lebih baik disimpan minimal 5 tahun biar kamu bisa merasakan kenaikan harga emas lebih dulu, jadi kalo mau dijual lagi lebih untung. Soalnya, kalo langsung dijual di hari yang sama atau dalam jangka waktu yang pendek, gak bakal dapet untung atau balik modal.

Jenis emas yang mau dibeli dan beratnya

Produsen emas punya banyak jenis emas yang ditawarkan. Tapi dari tiga produsen emas, hanya Antam dan emas LotusArchi yang bisa di cek melalui CertiEye buat ngeliat keasliannya. Semua produsen emas pan cetak emas batangan dengan kandungan emas 99,99% ya, tapi walopun kandungannya sama tetep aja variasi berat, dimensi, dan desain yang ditawarkan berbeda. Makin berat varian emas yang dijual, makin murah juga harganya. Jadi mending tentuin dulu mau beli emas yang kayak gimana.

Pertimbangkan harga sebelum beli emas

Harga emas biasanya bakal mengacu ke satu produsen tertentu, nah kalo di Indonesia sendiri acuannya adalah Antam. Jadi kalo ada salah satu produsen yang nawarin harga emas dengan harga murah atau jauh dari harga acuan, bisa jadi emas tersebut palsu. Untuk buyback juga gak semua produsen bakal nerima sistem ini, sejauh ini baru Antam sama LotusArchi yang berani buat buyback emas dari konsumen. Dari harganya juga berbeda, jadi jangan lupa buat cek ulang lagi ya.

Variasi desain dan packaging

Kenapa variasi desain dan packaging ini penting? Soalnya sekarang produsen-produsen emas udah banyak menawarkan desain dan packaging yang menarik sesuai kebutuhan konsumen. Misal, mau beli emas sebagai hadiah, variasi dan packaging-nya pun ada yang khusus hadiah, begitu juga dengan souvenir dan kebutuhan konsumen yang lain. Biasanya kalo ada desain dan packaging sendiri, harganya juga sedikit lebih mahal.

Walopun investasi emas ini lebih mudah dilakukan, tapi tetap harus perhatiin hal-hal tadi ya.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
39

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait