4 Istilah Medis Muatan Lokal Yang Mungkin Bapak Sering Denger

Bacaan 2 menit

Sering banget bapak denger istilah medis muatan lokal yang udah jadi trademark-nya orang Indonesia. Kayak ketindihan atau rep2an, masuk angin dan lainnya, ternyata itu emang merupakan istilah medis. Nah ini biar saya jelasin 4 istilah medis muatan lokal yang mungkin bapak udah sering denger.

Ketindihan atau rep2an

Di dunia medis dikenal dengan sleep paralysis, terjadi ketika proses mekanisme otak dan tubuh bapak gak berjalan selaras ketika tidur. Biasanya bapak jadi kagak mampu bergerak dan berbicara untuk sementara. Tapi kalo udah selaras, balik normal lagi pak. 

Masuk angin

Ini udah dari jaman dulu banget dibilangnya masuk angin. Tapi yang paling mirip istilah medisnya adalah common cold yang biasanya disertai dengan gangguan penceranaan atau dispepsia (bergas). Cara ngobatinnya biasanya dengan istirahat yang cukup untuk naikin daya tahan tubuh. Nah kalau dikerokin saya kurang paham apakah ini bisa kayak undian, pas digosok keluar "angin" atau keluar undian motor Mio.

Angin duduk

Kondisi dimana bapak abis dikerokin tapi gak boleh sambil tiduran atau langsung mandi, karena takut kena angin duduk. Sebetulnya angin duduk ini berkaitan dengan nyeri dada akibat otot jantung kurang mendapatkan pasokan oksigen dari aliran darah. Karena salah satu gejala serangan jantung adalah seperti masuk angin, makanya kasus meninggal abis dikerokin sering dikaitkan sama angin duduk.

Misteri air teh manis hangat

Ini masih menjadi misteri kenapa selalu ada dalam segala penanganan medis, baik itu dari kondisi ringan seperti pusing, masuk angin, sampe ke yang lumayan berat kayak kecelakaan motor dan pingsan pas upacara bendera. Pasti teh manis hangat menjadi pertolongan pertama. Kalau pingsan karena kekurangan gula atau hipglikemi betul adanya, tapi ada baiknya dilihat dulu kenapa pingsannya. Karena kalau pingsan karena gagal jantung dan dipaksa minum, bisa resiko gagal napas.

Ternyata ketindihan, masuk angin dan angin duduk emang udah ada di dunia medis, cuman emang kaga tau bagaimana sejarahnya orang Indonesia bisa bikin istilah sendiri. Kalo yang air teh manis hangat masih menjadi misteri sampe sekarang. Jadi itu istilah medis muatan lokal yang sering banget bapak denger. Kalo ada yang keliwat boleh di-share ya pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
33

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait