5 Cara yang Bisa Dilakuin Adik Biar Makin Deket sama Orang Tua

16 Nov 2022

Sebagai anak, enggak ada salah kok buat ngelakuin pendekatan duluan sama orang tua. Apalagi kalo udah ngerasa makin berjarak sama orang tua tercinta. Hal ini biasanya dialamin pas adik udah beranjak dewasa dan mulai hidup beda rumah dari mereka. Karna seiring berjalannya waktu, lambat laun emang bakal pergi dari rumah. Entah untuk belajar di luar kota, kerja, atau udah memutuskan untuk  berumah tangga.

Menurut saya, ada beberapa cara yang bisa dilakuin sebagai anak biar adik makin deket sama orang tua kita selagi mereka masih ada di antara adik-adik. Yuk, mulai lakuin hal-hal ini dik. 

Ceritain hal yang dialami pada hari itu
Enggak cuma orang tua aja yang harus nanya dan ceritain apa yang dilaluin selama sehari penuh kok. Anak juga bisa banget mulai ngebiasain ini buat lebih intimate sama orang tua di rumah. Saya sendiri makin sadar, umur saya makin nambah, artinya umur kedua orang tua saya juga udah nggak muda lagi.

Buat nikmatin waktu yang masih bisa dilaluin sama mereka, saya suka nyeritain hal yang saya laluin di kantor atau apa yang saya alamin seharian itu. Setelah cerita, coba mulai buat nanya juga seharian itu orang tua adik ngapain aja. Bisa cari waktu setelah pulang sekolah, kuliah, atau kerja nih. Kalo udah enggak serumah, jangan lupa telfon ya.

Ajak makan bareng
Menurut saya, makan bareng itu enggak melulu harus makan di luar rumah dan harus mewah. Coba mulai bawain makanan ringan kaya martabak, roti bakar atau sejenisnya, dik. Abis sampe di rumah, adik bisa ngajakin orang tua makan bareng sambil nonton sinetron kesukaan mereka. 

Cara ini buat saya cukup ampuh biar anak deket sama orang tuanya. Kalo emang enggak bisa tiap malem, coba ambil waktu santai di weekend. Kalo punya keahlian buat masak, coba adik masakin orang tua makanan paling enak versi tangan adik sendiri. 

Siapin waktu buat quality time bareng
Makan bareng emang bagian dari quality time. Tapi, enggak ada salahnya kok ngelakuin hal yang disuka sama orang tua selain makan bareng. Coba deh, dik inget-inget waktu kecil dulu seringnya diajak ke mana dan ngapain sama orang tua adik. Nah, sekarang gantian deh adik yang nyenengin orang tuanya.

Quality time seru yang bisa dilakuin sama orang tua adik itu kayak nyiram taneman bareng, ngerawat kucing yang ada di rumah, sampe bantu bersih-bersih rumah di weekend. Kalo udah enggak serumah lagi, berkunjung juga enggak apa-apa kok. Inget dik, orang tua tuh seneng banget dikunjungin anaknya.

Olahraga bareng tipis-tipis
Saya inget banget dulu waktu jaman kecil suka enggak seneng pas hari Minggu saya diganggu sama orang tua. Mereka selalu ngajakin saya buat jalan-jalan ke alun-alun buat olahraga. Pas udah gede, saya jadi mikir “Ooh ternyata itu cara mereka buat ngabisin weekend sama anaknya.”

Sekarang saya juga lagi mulai nerapin buat nemenin mereka olahraga tipis-tipis aja. Bisa jalan nemenin jalan kaki muterin komplek atau nemenin sepedaan. Kalo mager ngelakuin itu, ajak orang tua adik buat olahraga di tempat yang biasa dilakuin.

Ajak jalan-jalan
Biarpun kegiatan ini enggak bisa dilakuin tiap minggu, beberapa waktu ini saya kepikiran buat ngajakin orang tua pergi ke suatu tempat yang belom pernah dikunjungin buat jalan-jalan. Adik inget nggak, jaman dulu kecil tuh sering banget diajakin jalan-jalan atau piknik?

Nah, sekarang giliran adik sebagai anak buat ngajakin orang tua jalan-jalan. Bisa jalan-jalan ke mall, ke pantai, atau ke tempat yang bisa bikin adik makin deket sama orang tua. 

Yuk dik, manfaatin waktu dari sekarang buat makin deket sama orang tua. Saya sendiri nulis ini juga sekalian ngingetin diri sendiri selagi kedua orang tua masih lengkap. Biar bisa nyenengin mereka pas nikmatin masa tua. Kalo udah nikah, bisa banget tuh ngelakuin banyak hal sama keluarga istri atau suami. Ada tips lain biar makin deket sama orang tua, pak, dik? Share yuk, saya pengen banyak belajar nih hehe…

Ditulis oleh:
Nasuha
16 Nov 2022
Dilihat :
37

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait