5 Hal Wajib yang Seharusnya Anak Bapak Pelajari di Sekolah

Bacaan 2 menit

Sekolah biasanya hanya memberikan pelajaran-pelajaran kurikulum umum pada anak bapak supaya orang tua atau guru bisa tau anak lebih menyukai pelajaran apa, sehingga anak bisa diarahkan sampai ke jurusan yang sesuai saat meneruskan ke jenjang berikutnya. Tapi yang tidak kalah penting, sekolah seharusnya memberikan pelajaran life skill karena pelajaran ini yang paling dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. 5 life skill berikut wajib dipelajari anak bapak di sekolah.

Mengatasi Kesalahan

Sekolah seringnya melarang anak untuk membuat kesalahan, tanpa memberi tahu bagaimana anak untuk mengatasi kesalahan tersebut. Padahal yang sangat dibutuhkan anak saat mereka membuat kasalahan adalah cara anak untuk bangkit dari kesalahan tersebut. Dengan melewati kesalahan-kesalahan anak akan semakin belajar dan bisa meraih apa yang mereka tuju.

Mencari Kesempatan

Jarang sekali anak mendapat pengajaran untuk bagaimana cara mendapat dan mencari kesempatan terutama dalam pekerjaan. Seringnya sekolah hanya mengajarkan bagaiamana cara anak untuk bekerja, bukan cara anak untuk mencari pekerjaan tersebut. Dari mulai job searching, resume writing, interviewing, hingga networking tidak satupun yang dipelajari di sekolah, padahal hal tersebut sangat dibutuhkan.

Mengatur Keuangan

Dasar-dasar untuk mengatur keuangan juga sangat dibutuhkan anak di kehidupannya sehari-hari. Biasanya saat di sekolah dasar anak akan diajari cara menabung tapi setelah itu tidak ada kelanjutannya lagi. Padahal basic financial ini meliputi budgeting, save and invest, bagaimana cara mengatur hutang, planning masa depan, sampai menjaga asset. Pelajaran ini tentu harus ada untuk membantu anak dalam mengatur keuangannya kelak.

Interaksi sosial

Mengajarkan anak soal pentingnya interaksi sosial di masyarakat tentu akan sangat membantu. Manfaatnya sendiri anak akan bisa berkomunikasi lebih efektif secara bahasa, penyampaian informasi, hingga skill basa basi. Anak juga jadi bisa merespon orang lain yang punya pendapat yang berbeda dengan mereka.

Emotional Intelligent

Anak juga perlu mendapat pelajaran mengenai pentingnya mengontrol emosi dan mengatur perasaan yang sedang dirasakan. Hal-hal ini perlu dilatih agar anak bisa mengidentifikasi apa penyebab mereka marah, menerima serta mengakui perasaan yang sedang mereka rasakan, peka terhadap sekitar, dan bisa memelihara hubungannya dengan orang lain.

5 hal tersebut adalah dasar-dasar life skill yang penting dipelajari anak, selengkapnya bisa tonton di video berikut.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
99

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait