5 Mindset Buat Ngelatih Adik-Adik agar Percaya Diri

24 Aug 2022

Dari kecil, saya tuh orangnya gak pedean dik. Dikasih kesempatan malu, ditawarin kerjaan takut, disuruh maju apalagi. Sampe akhirnya, di satu titik saya berusaha buat ngilangin rasa gak pedean itu. Ternyata hidup jadi lebih plong dik.

Nah, sekarang saya mau share nih. Kali aja bisa ada manfaatnya buat adik-adik yang sekarang lagi gak pedean.

1. Adik mungkin gak akan ketemu orang-orang ini lagi, mereka gak akan ingat adik. Mindset ini kepake banget buat adik yang takut atau malu buat tampil. Atau bahkan malu buat nanya orang.

Kalau dipikir-pikir, apa sih yang bikin adik gak pede? Biasanya nih, orang tuh gak pede karena malu. Takut diingat dan dibahas besok-besoknya lagi. 

Kalo adik tipe gak pede yang ini, inget aja kalo adik gak akan ketemu mereka lagi besok. Dan mereka juga gak akan inget adik. Jadi, manfaatin kesempatan ini buat pede.

Gak usah malu kalo nanya jalan. Besok adik kan gak lewat jalan itu lagi. Kalopun lewat, ya gak akan nanya lagi.

Gak usah malu juga buat jadi diri sendiri kalo lagi di event seminar, training, dan sebagainya. Jadi diri sendiri aja. Kalo adik salah, ya ganapa. Kan cuma ketemu di acara ini doang. Besopannya paling udah lupa.

2. Adik bukan yang pertama, jadi gak perlu takut. Ini biasanya saya pake kalo mau minta tolong, komplain, atau nanya orang. Kaya misalnya, mau nanya cara ganti buku tabungan ke satpam.

Saya yakin banget kalo bukan saya orang pertama yang nanya kaya gitu. Ada banyak banget orang yang nanya hal yang sama kaya saya. Jadi, saya gak perlu malu. Gas aja.

3. Mungkin adik akan sedikit malu, tapi lebih baik daripada gak tau hasilnya. Kalau lagi di kelas, training, seminar, kuliah umum, dan sebagainya, kadang ada aja hal yang gak dimengerti. Daripada diem-diem penasaran, mending tanya langsung aja. Adik mungkin akan sedikit malu. Tapi kalau ga nanya, adik gak akan tahu jawabannya.

Hal yang sama juga berlaku saat mau partisipasi sesuatu. Lomba, ngajuin beasiswa, jadi volunteer, dan lain-lain. Adik mungkin agak malu sedikit saat mengajukan diri. Tapi itu jauh lebih baik daripada adik diem aja.

Lagipula, saat mengajukan diri, kemungkinannya kan cuma 2. Diterima atau ditolak. Dari situ, adik bisa tahu apakah adik layak atau perlu upgrade diri. Kalau adik gak nyoba, gimana bisa tahu, kan?

4. Bayangkan kemungkinan terburuk. Ketika adik merasa gak pede, takut, atau malu, jangan berhenti di situ aja. Coba bayangkan kemungkinan terburuk yang akan adik hadapi. Abis itu, coba tanya ke diri sendiri, apakah kemungkinan tersebut bisa adik hadapi atau nggak.

Sekedar bocoran, gak ada kemungkinan yang benar-benar buruk ketika adik memutuskan untuk tampil. 

5. Kenyataan tidak lebih berat dari bayangan. Ini mindset pamungkas yang biasa saya pegang. Seringkali, apa yang saya bayangkan selalu lebih seram dari kenyataannya.

Setelah beberapa kali menghadapi rasa takut sendiri, akhirnya saya paham kalau ternyata gak ada ruginya percaya diri. Jadi, kalau sekarang adik masih merasa gak pede, hadapi terus. Sampai adik menemukan kepercayaan diri yang adik butuhkan.

quote

Kalau cuma lari terus, adik gak akan pernah tahu hasilnya. Kalau gak belajar pede dari sekarang, mau mulai dari kapan? Jangan sampe adik keliwat kesempatan emas cuma karena gak pede. Sayang bener.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
24 Aug 2022
Dilihat :
47

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait