Tanda-Tanda Kalau Bapak Sebenernya Belum Perlu Banget Punya Mobil

05 Sep 2022

Keknya, umur-umur segini, liat orang-orang udah pada punya mobil jadi pengen ya, Pak? Tapi tar dulu, Pak. Sebelum bapak pergi ke dealer, mending baca ini dulu. Sapa tau sebenernya bapak belon perlu-perlu amat punya mobil. Cuma bapak gak sadar aja.

Nih, beberapa tanda kalo bapak sebenernya belon perlu-perlu amat punya mobil:

 

1. Bapak tinggal di Jakarta. Gak harus Jakarta sih, pokoknya bapak tinggal di tempat yang sistem transportasinya bagus. Sebenernya sih, kalau boleh jujur, sistem transportasi di Jakarta juga belum bener-bener bagus. Tapi bisa dibilang cukup mudah.

Ya udah, saya ralat ya. Bapak tinggal di tempat yang sistem transportasinya cukup mudah.

Ada banyak jenis kendaraan umum yang bisa bapak pake buat komuter sehari-hari. Dari mulai KRL, bus kaya busway, angkot yang nyaman, sampe akses driver online yang gampang banget.

Nah, kalau bapak tinggal di tempat kaya begitu, kayanya mah gak punya mobil juga ganapa. Soalnya bapak bisa kemana aja naik kendaraan umum. Selain gak capek nyetir, bapak juga ga usah mikirin rute jalan. Bahkan bapak bisa tidur atau baca buku. Asik bener.

2. Kerjaan bapak gak mesti punya mobil. Kalo bapak tipe pekerja kantoran yang gak harus wara wiri setiap hari, rasa-rasanya sih belum harus punya mobil ya pak.

Apalagi kalau bapak mesti bayar parkiran setiap hari. Bisa-bisa bukannya hemat, malah boncos. Soalnya pan Bapak mesti bayar biaya parkir, biaya bensin, biaya tol, perawatan mobil, cicilan mobil, dan lain-lain.

Kalo tipe kerjaan Bapak yang gak banyak jalan-jalan, coba dihitung lagi deh. Lebih hemat punya mobil atau naik kendaraan umum?

3. Bapak belum punya anak. Kalau bapak masih hidup sendiri atau cuma berdua sama istri, kayanya masih bisa sih buat kemana-mana naik kendaraan umum atau taksi online.

Apalagi kalau bapak sama istri tipe yang jarang jalan-jalan. Selain lebih praktis, naik kendaraan umum atau taksi online juga masih lebih hemat daripada punya mobil sendiri.

Beda cerita kalo punya anak ya pak. Kalo bapak udah ada anak, mungkin bisa dipertimbangkan juga buat punya mobil pribadi.

4. Bapak belon bisa nyetir. Ini penting banget pak. Kalo mobilnya udah ada, tapi bapak gak bisa nyetir pan repot yak. Masa' tiap mau jalan bapak musti sewa driver. Mending sekalian taksi online aja paaakkk...

5. Tabungan bapak belon cukup. Mustinya ini pertama sih. Kalo tabungan bapak belon cukup, ganapa pak, gak usah dipaksain. Manfaatin yang ada dulu aja. 

 

Daripada FOMO kek anak muda, mending fokus sama kehidupan pribadi bapak dan keluarga. 

quote

Karena tiap orang punya hidup yang beda-beda. Yang orang lain perlu, belon tentu bapak juga perlu.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
05 Sep 2022
Dilihat :
35

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait