Tips Biar Suka Baca Buku Supaya Waktu Luang Bapak Jadi Lebih Produktif

03 Oct 2022

Saya kadang suka ngerasa gaptek bener deh, Pak. Saban hari ada aja teknologi baru yang muncul. Tapi sebenernya ya ganapa juga sih.

Yang lebih bikin saya minder sebenernya kalo ketinggalan jaman, Pak. Kalo dipikir-pikir, satu-dua dekade ini banyak bener ilmu dan pengetahuan baru yang muncul, ya. Terus saya ngerasa kalo orang2 kok bisa update bener, gitu.

Pas saya telaah lagi, ternyata temen saya yang update dan keliatan pinter itu punya kesamaan, Pak. Sama-sama demen baca buku. Apa buku fisik, apa buku digital. Mangkanya saya pikir, keknya saya mesti belajar suka baca buku nih.

Jadi, beberapa waktu ini saya mulai membiasakan diri buat baca buku. Soalnya kata temen saya, gak ada orang yang gak suka baca, adanya yang belom biasa aja. Biar kita sama-sama belajar, saya sharing cara saya belajar suka buku ya, Pak.

 

1. Harus yakin klo baca buku itu bukan suatu hobi pak, tapi kewajiban. Ini mindset penting yang harus bapak miliki. Dulu sejak SD kita melihat beberapa teman yang rajin kalau ditanya hobinya apa dijawab ‘hobi saya adalah membaca’.

Tapi, makin tambah umur saya sadar, harusnya membaca itu sudah jadi kewajiban, bukan hobi lagi. Kalau mindset Bapak sudah kek gini, terus bapak2 lain juga begini, trus anak mudanya juga begini, beh cakep bener deh pak.Otw jadi negara maju kita.


2. Mulai baca dari yang ringan. Kata temen saya lagi, gak ada yang namanya buku cere sama buku keren. Semua buku bagus, Pak. Yang penting Bapak enjoy dan menikmati waktu2 bersama buku.

Kalo Bapak mau mulai dari baca novel dulu, silahkan. Kalo mau mulai dari baca dongeng atau komik juga ganapa. Mau buku horor, juga boleh. Atau mau mulai dari bacain buku anak Bapak, juga gas aja, Pakkk.

Yang penting itu konsistennya pak. Percuma juga kalau Bapak mulai dari baca buku nyang berat2 tapi ga konsisten buat bacanya. Abistu bukunya berdebu soalnya ga selesai dibaca dan gak dibaca-baca lagi jugak.


3. Tentukan jadwal baca yang rutin. Biar terbiasa baca buku, bapak bisa coba dari tentukan jadwal rutin membaca. Ga harus sejam atau setengah jam kok, 10 menit tiap pagi juga ga masalah. Sekali lagi, yang penting itu konsistennya, Pak.

Kalau sehari-hari Bapak commuter pake kendaraan umum, Bapak bisa coba nyediain waktu baca ketika lagi nunggu kendaraan. Kalau Bapak bawa kendaraan sendiri, Bapak bisa coba nyediain waktu pas lagi manasin kendaraan.

Sebenernya mah, kalo Bapak udah seneng baca, ketemu aja waktunya, Pak. Kalo 10 menit masih susah cari waktunya, mulai dari 5 menit juga gak masalah, Pak.

 

4. Sisihin setiap bulan minimal beli satu buku. Kalau bapak biasanya nyisihin duit bulanan buat langganan netflix atau spotify, ga ada salahnya mulai coba buat nyisihin buat beli buku pak tiap bulan. Hitung2 ini investasi jangka panjang loh pak, investasi kepala ke atas.

Kalau Bapak tipe yang nyaman baca buku digital, Bapak juga bisa nyisihin tiap bulan buat beli buku digital atau langganan member kaya Gramedia Digital. Mantap bener.

Saya coba trik ini. Bulan lalu ternyata saya bisa baca 3 buku, Pak. Bangga banget saya jadinya.

 

5. Klo ga ada ide mau baca buku apa, coba aja ngabisin waktu keliling2 toko buku. Misalnya nihh bapak udah ada niat mau baca buku, tapi bingung mesti mulai dari buku apa. Coba keliling2 ke toko buku terdekat pak.

Di tiap toko buku biasanya ada katalog buku2 best-seller pak, mana tahu nanti dari deretan buku2 itu bisa ngebantu bapak dapetin buku2 rekomen.

Lebih mantap lagi kalau Bapak ajak anak istri. Jadi istri Bapak senang karena gak di rumah mulu. Dan anak Bapak jadi terpapar literasi sejak dini. Kehidupan rumah tangga Bapak juga bakal aman sentosa dan bahagia. Amboi benerrr.

 

6. Klo masih bingung mau baca buku apa googling aja pak "buku best seller 2022". Misalnya bapak ga ada waktu buat main ke toko buku, coba bapak googling aja buku2 yang lagi ngetop akhir2 ini pak. Biasanya bakal banyak book reviewer di internet yang ngebahas buku2 yang sudah mereka baca. 

Di Youtube atau TikTok juga bisa pak. Kalau bapak sudah punya akun TikTok, tinggal tulis aja buku2 bacaan rekomen tentang pengembangan diri. Nanti saran2 buku bagus bakal banyak muncul tuh pak.

 

Saya udah coba cara ini sejak beberapa bulan terakhir. Berasa banget manfaatnya, Pak. Selain saya jadi lebih tenang, saya juga lebih chill, dan pikiran saya juga jadi lebih sistematis. Cobain deh, Pak!

quote

Baca buku bukan perihal orang pintar atau ga pintar. Tapi ini masalah kebiasaan positif yang harus dimiliki tiap orang.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
03 Oct 2022
Dilihat :
42

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait