Yang Seharusnya Adik Lakukan ketika Memberikan Kritik kepada Teman

28 Sep 2022

Adik-adik pasti punya temen yang tingkahnya bikin kesel. Ya namanya juga manusia ya, dik. Tapi jangan dibiarin gitu aja, nantinya dia bisa enggak disukain sama orang lain. Adik bisa kasih mereka kritik supaya mereka berubah, tapi ada tata caranya biar kagak bikin tersinggung. 


Chill. Pastikan saat adik memberikan kritik, jangan ngegas. Yang penting poinnya jelas. Kalo emang udah mengganggu, adik bisa komplain ke dia kalau adik enggak bisa terima. Tapi jangan sampe berantem ya. Kalo dia nggak bisa terima ya itu urusan dia. Adik sendiri aja yang pilih masih mau deket sama dia atau enggak. Kata-kata halus kayak “Kayaknya lo mesti banyak senyum deh, kemarin temen gue takut sama lo karena dipikir lo jutek.”


Enggak Menghakimi. Jangan jadi hakim. Tapi adik harus denger juga alesan dia kayak gitu. Jangan bikin seakan-akan dia enggak disukain semua orang. Mungkin aja ternyata alesannya masuk akal. Jadi, kudu tetep objektif ya dik. Justru dengan begitu dia jadi sadar kalau adik temen yang baik dan enggak punya maksud jelek. Adik kan bisa tanya “Kenapa sih lo suka banget kesiangan?” bisa jadi bukan karena dia main semaleman, tapi justru karena capek abis ngerjain tugas kuliah ato kerja sampingan. 


Berikan Kritik yang Membangun. Nah jangan kritik doang ya dik, paling enggak kasih tau dia harus gimana. Kalo cuma enggak suka doang, apa bedanya adik sama haters. Adik bisa jelasin kenapa dan gimana dia harus berubah. Kalo dia enggak bisa terima, ya adik harus terima. Seenggaknya, adik udah ngasih tau pendapat adik. Sebagai contoh, misalnya di dalem tugas kelompok, kinerja dia kurang bagus. Ya adik bisa bilang langsung ke orangnya, “Kalo lo bingung kerjain yang mana, lo bisa belajar dari catetan gue.” daripada ngomong ke orang lain kalo dia itu males.


Tidak Memaksakan Kritik. Kalo emang dia enggak mau dengerin, ya enggak masalah. Hal yang menurut adik benar belum tentu benar menurut dia. Jangan malah maksa, itu malah jadi perintah nantinya. Kan belum tentu kritik adik diamini sama dia.


Jangan Mempermalukan Dia. Kalau adik ngasih kritik ke teman, pastikan jangan bikin dia malu. Misalnya, adik kritik dia di depan teman-teman tongkrongan. Boro-boro dia mau dengerin, yang ada dia malah ngomel-ngomel sendiri. Kalau mau kritik, adik bisa ngobrol berdua aja atau lebih baik lagi japri aja sendiri biar lebih aman.


Hal-hal di atas juga bisa adik aplikasikan kalau ngasih kritik ke orang lain ya. Kita kan nggak tau perasaan orang mudah tersinggung atau enggak. Makanya tetep harus punya adab-adab tertentu saat ngasih kritik. Kecuali kalau emang adik mau nyari musuh ya hehehehe.

 

Ditulis oleh:
Tiffon
28 Sep 2022
Dilihat :
36

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait