Adab Pemakaian Kulkas di Kantor

Bacaan 2 menit

Bapak Ibu, siapa yang suka pakai kulkas kantor? Biasanya siapa yang suka ngeluh atau jangan-jangan malah kita yang dikeluhkan pengguna kuklas lainnya? Jangan sampai ya, Pak Bu.

Demi kebaikan bersama, ada beberapa adab tak tertulis untuk para pengguna kuklas kantor. Di beberapa kulkas kantor sih ada yang sudah nempelin peraturan penggunaan kulkas, tapi banyak juga yang gak ada sosialisasi apapun terkait penggunaan kulkas kantor karena dirasa semua orang udah paham. Padahal realitanya belum semuanya paham. Mudah-mudahan bisa membantu kita untuk mengurangi perpecahan dengan sesama rekan kantor.

1. Gak Usah Kepo

Sering tuh ada orang yang kepo sama barang orang lain di kulkas. Dari mulai ngintip isi wadah, sampai parahnya ada yang ngembat punya orang lain. Mudah-mudahan bukan salah satu dari kita ya, Pak Bu. Kadang yang bikin penasaran tuh yang wadahnya menarik, itu bisa bikin orang lain mulai penasaran itu makanan atau minuman apa, yang parahnya sampai dicicip tanpa minta izin ke pemiliknya terlebih dahulu. Yang begitu-begitu tuh yang suka bikin gondok. Kadang kita punya makanan atau minuman yang disayang-sayang, pas udah kepikiran pengen makan atau minum, terus ngecek kulkas, eh lenyap tak bersisa. Ada lagi yang level parahnya udah ampun-ampunan, yaitu udah ngembat punya orang, wadahnya ditinggalin begitu aja. Jadi ada baiknya kita fokus ke punya masing-masing dan gak usah kepo sama punya orang lain.

 

2. Jaga Kebersihan

Nah jaga kebersihan ini termasuk dari jaga makanan atau minuman kita supaya gak tercecer di dalam kulkas, sampai menjaga bau makanan atau minuman kita biar gak mencemari isi kulkas yang lain. Sebelum masukin ke kulkas, coba dicek dulu Pak Bu, kira-kira wadahnya aman gak, rawan tumpah gak, baunya kira-kira akan mencemari isi kulkas yang lain apa gak. Soalnya saya pernah tuh bikin es teh manis pake es yang di kulkas, eh apesnya pas dicemplungin ke tehnya jadi ada rasa-rasa anyep dari bau kulkas. Jadi bete minumnya Pak Bu, jangan gitu ya. Solusi buat ngilangin bau di kulkas, kita bisa pakai penyerap bau kulkas yang bisa dibeli di toko-toko. 

 

3. Tanggung Jawab

Yang sering menjadi problematika dan sumber perpecahan yaitu perkara cetakan es gak diisi ulang waktu esnya udah abis. Sering banget tuh ada orang yang demen minum pake es dan ngambil es dari kulkas, tapi gak pernah mau isi ulang cetakan esnya. Jadi kalau yang lain pas mau ambil es, kosong melompong dan menimbulkan kekecewaan. Baiknya sih kalau udah habis diisiin lagi ya, Pak Bu. Kalaupun belum abis, esnya bisa dipindahin ke wadah es yang di dalam kulkas, terus cetakan esnya kita isiin lagi, jadi stock es kita aman di kulkas. Selain itu, buang orang yang suka nimbun harta karun sampai jadi artefak di kulkas, yuk mulai dibersihin itu karena makanan atau minuman yang expired suka kan sudah gak fresh, bentuknya bisa jadi mulai benyek, berair, dan menimbulkan bau.

Kurang lebih itu hal-hal dasar yang perlu kita ketahui dan terapkan bersama-sama sebagai sesama pengguna kulkas kantor. Jangan sampai kita ngeluh atau jadi yang dikeluhkan orang lain perkara pakai kulkas kantor.

Kalau Bapak Ibu, ada cerita apa nih perkara kulkas di kantor? Coba dong ceritain di kolom komentar, kali aja bisa jadi tambahan tips buat Bapak Ibu yang lain.

Ditulis oleh:
Ini Ibu Didi
Bacaan 2 menit
Dilihat :
498

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait