Adab saat Ada Orang yang Meninggal

20 Sep 2022

Seiring bertambahnya umur, hidup akan terus berjalan dan kadang bisa terasa sulit. Bukan cuma dari sisi pekerjaan, tapi makin sering ada kabar temen atau sanak keluarga yang meninggalkan dunia. Sebaiknya kalo ini kejadian, bapak bisa langsung melayat. Cuman, ada juga hal-hal yang jangan bapak lakukan kalau ada orang meninggal. 


Tanya penyebabnya. Kalau ada orang yang meninggal orang-orang terdekatnya pasti akan mengalami kesedihan yang amat dalam. Sebaiknya, ucapin aja turut berduka cita dan doa. Kagak usah tuh pake segala nanya apa penyebab kematiannya, baik secara online maupun langsung. Kan kagak ada yang bapak bisa bantu juga kalo tau. Agaknya kurang etis saja melontarkan pertanyaan tersebut ke keluarga yang sedang berkabung.


Bercanda dan Tertawa. Ini mah kagak usah ditanya lagi. Terkadang ada sebagian Kalau ketawa dan bercanda pas lagi ngelayat mah udah kagak sopan namanya. Sukur-sukur bapak kagak diusir sama orang-orang yang ada di situ. Inget, kudu baca situasi juga. Kalau mau ngobrol bisa agak jauhan aja.


Pake baju cerah. Meskipun sebenernya yang penting rapih, lebih baik kalo bapak pake baju yang warnanya gelap. Masa iya pake bajuyang warnanya ngejreng gitu. Kalo kagak ada baju gelap atau kagak dari rumah, mungkin bapak bisa tutupin pake jaket atau outer. 


Bicarain hal jelek. Jangan sampe deh kalo bapak dateng terus kesebut tuh hal yang kagak bapak suka dari mendiang. Kalo kagak bisa ngomong hal baik, jangan. Jangan sampe bapak malah ngomong yang kagak-kagak. Biar gimanapun, keluarga mendiang juga pasti lagi berduka. Mending ngomongin yang baik-baik aja.


Itu tadi beberapa hal yang jangan sampe bapak-bapak lakuin kalo ada yang meninggal. Sebisa mungkin kalo bisa bantu, ya bapak bantu. Inget, bantuin itu kagak musti materi, bisa juga bantu tenaga, atau doa. 

 

Ditulis oleh:
Tiffon
20 Sep 2022
Dilihat :
51

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait