Air Bekas Masak yang Bisa Dipake buat Nyiram Taneman di Rumah

30 Aug 2022

Pak, pernah nggak sih kepikiran kalo ternyata sesuatu yang selama ini dianggep limbah ternyata punya manfaat yang jarang keliatan? Saya juga sering ngerasa gitu apalagi pas ngeliat sesuatu yang udah dilakuin di dapur, abis masak misalnya.

Bahan-bahan dari bawang atau cabe, bahan bekas masak lainnya, sampe ke air bekas masak yang ternyata bisa dimanfaatin setelahnya.

Nah, ngomongin soal air bekas masak, ternyata bisa dipake buat nyuburin taneman yang ada di rumah. 

Air bekas masakan apa aja sih yang bisa dipake buat nyiram taneman? 

Air bekas masak mie instan. Siapa sangka nih pak, air bekas masak mie bisa dipake buat nyiram taneman di rumah. Berarti, ke depannya jangan langsung dibuang ya. Tunggu air bekas masak mie instan kuah sampe dingin di panci, trus bisa langsung siramin ke taneman bapak yang ditanem langsung atau di pot. Air bekas rebusan mie ini punya pati yang disukain sama taneman dan nutrisi yang berguna buat ngedukung pertumbuhan taneman juga selain pake pupuk. Cara nyiramnya cukup disebar aja satu panci itu ke beberapa taneman.

Air cucian beras. Saya juga baru tau nih pak kalo air bekas cucian beras sebelum dimasak ke magic jar itu bisa dipake buat nyiram taneman. Kata ibu saya, air cucian beras yang pertama itu jangan langsung dibuang karna bisa nyuburin taneman di rumah. Air cucian beras pertama bisa dipindahin ke botol semprotan ya pak. Karna air cucian beras ini bisa jadi pestisida alami sama pupuk organik. Selain punya nutrisi, air bekas cucian beras punya kandungan kecil pupuk, natrium, fosfor, kalium (NPK). tinggal semprot aja dah tuh ke taneman tiap pagi sama sore.

Air bekas ngerebus daging. Rumah saya kalo abis lebaran Iduladha atau lagi ada acara gede itu biasanya bakalan masak daging. Nah, usut punya usut, air bekas ngerebus daging yang udah didiemin semalem itu juga punya manfaat buat nyuburin taneman yang ada di rumah pak. Abis didiemin semaleman jangan lupa diaduk-aduk sampe gumpalannya larut deh. Abis itu tinggal disiramin ke taneman cabe yang lagi lagi berbunga pake gayung atau gelas secukupnya aja. Bisa sekali siram atau dua kali siram biar tanemannya nggak becek.

Air sisaan teh. Selain teh basi, ternyata airnya yang kagak abis diminum itu punya manfaat buat taneman kita nih pak. Makanya, kalo ada tamu yang berkunjung ke rumah trus tehnya kagak  abis, Bapak nggak usah marah. Tinggal siramin aja deh itu air sisaan teh yang udah dikumpulin di baskom atau tempat yang agak gedean ke taneman. Kan mayan bisa ngebantu nyuburin taneman bapak dan bikin tanah jadi makin gembur. Bahkan, basian tehnya bisa jadi pupuk kompos pak! Ahehehe

Saya sih udah coba beberapa air bekas masak ini buat nyiram taneman. Nggak semua air bekas masak cocok di semua taneman ya pak. Misal kek air bekas ngerebus daging itu cocok banget buat cabe yang lagi berbuah. Tapi ada juga emang air bekas nyuci beras yang cocok buat nyuburin taneman apa aja. Jadi, selamat mencoba ya, pak.

Ditulis oleh:
Nasuha
30 Aug 2022
Dilihat :
35

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait