Alasan-alasan kenapa bapak males banget olahraga

Bacaan 3 menit

Jujur aja, saya sendiri juga awalnya males berolahraga. Karena emang ga ada waktunya dan rasanya capek aja gitu abis pulang dari kerja. Tapi setelah saya cari tau, kenapa sih saya males banget buat olahraga? Akhirnya saya mulai juga, walaupun masih belum konsisten ya. Kalau saya liat-liat alasan kita males berolahraga itu adalah :

Gaada Temennya

Biasanya salah satu faktor yang bikin bapak enggan berolahraga adalah karena gaada temennya. Mau itu olahraga lari pagi, atau ke gym bapak maunya ada temennya. Mungkin salah satu faktornya adalah karena bapak kurang pede kalo berolahraga sendirian. Bener sih, dengan adanya temen olahraga, bapak akan lebih termotivasi dalam berolahraga dan di samping itu bisa berinteraksi sosial juga, yang ngebuat bapak lebih enjoy dalam olahraga yang dilakukan.

Gaya Hidup yang Sibuk

Bangun pagi terus bapak siap-siap berangkat kerja, sebelum menuju kantor, bapak nganterin anak bapak dulu ke sekolah. Di kantor bapak kerja sampai malem, ditambah lembur. Pulangnya bapak udah capek. Abis mandi, langsung tidur. Gitu terus 5 hari dalam seminggu. Coba disisihin waktunya untuk olahraga, pak. Sekitar 15-30 menit udah cukup buat sehari. Gausah berat-berat yang penting konsisten. Kalo di waktu pagi ga sempet, coba di malam hari abis pulang kerja. Kalo ga bisa di gym, ya dari rumah aja pak. Olahraga di malam hari, abis selesai olahraga bapak mandi. Ga cuman dapet sehatnya, pak. Kualitas tidur bapak juga jadi lebih bagus. Sebelum berangkat kerja dan pulang kerja masih ga sempet juga? Coba biasakan jalan kaki, pak. Kalo biasa bapak naik kendaraan kalo ke kantor, bisa dalam satu atau dua hari dalam seminggu, bapak coba naik kendaraan umum. Terus jalan dari stasiun atau halte terdekat ke kantor bapak. Kalo di weekdays masih ga sempet juga, olahraga di weekend aja pak. Bapak bisa sekalian ajak Istri dan anak bapak.

Lack of Motivation

Atau kurangnya motivasi. Bapak mungkin masih menganggap olahraga itu kurang penting, atau bapak udah tau olahraga itu penting tapi belum mulai olahraga juga. Biar bapak lebih gampang termotivasi, bapak set goals dulu. Misalnya, "Saya mau jadi lebih sehat, biar saya bisa dampingin anak saya sampai dia beranjak dewasa nanti". Ini sebagai contoh aja ya. Atau kalo masih kurang juga motivasinya, bapak bisa googling apa aja manfaatnya berolahraga? Kalo yang dari saya baca manfaatnya buanyak banget. Seperti, meningkatkan sistem imun, mengurangi stres, merangsang stimulasi otak, mengurangi resiko penyakit kronis, terlihat awet muda, dan masih banyak lagi.

Faktor Lingkungan

Seperti yang terjadi saat ini, kondisi udara yang kian memburuk di daerah Jakarta dan sekitarnya, merupakan salah satu alasan yang membuat bapak malas untuk berolahraga juga. Kemudahan dan aksesibilitas terhadap fasilitas juga termasuk ke dalam poin ini. Contohnya, tidak ada atau kurangnya outdoor spaces di sekitar tempat bapak tinggal. Namun permasalahan ini bisa diselesaikan dengan berolahraga di dalam ruangan, seperti di gym atau di rumah bapak sendiri. 

Ingin mendapatkan hasil yang instant

Realistisnya, sangat tidak mungkin kalo baru sekali, dua kali olahraga terus berharap mendapatkan hasil yang instant. Mie instant aja mesti dimasak dulu, pak. Olahraga memang butuh usaha dan konsistensi untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Hal ini yang menyebabkan sebagian orang berhenti di tengah-tengah proses dan akhirnya merasa malas. Baru 2-3x nge-gym udah berharap turun berat badannya (saya juga gini soalnya, ahehek). Tapi hal ini bisa saya atasi dengan menanamkan motivasi saya berolahraga : "Saya pingin sehat, kalopun nanti badan saya jadi lebih enak diliat, itu saya anggap bonus."

Intinya semua alasan di atas sudah pasti ada solusinya, dan memang awalnya terlihat sangat berat. Apalagi pertama kali olahraga setelah sudah lama tidak berolahraga. Pasti ngos-ngosan. Tapi nanti begitu sekali, dua kali dijalanin dan jadi kebiasaan, pasti akan berasa banyak manfaatnya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
179

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait