Alasan Kenapa Bapak Harus Pindah Kerja Paling Nggak 1 Kali Seumur Hidup

25 Oct 2022

Bapak saya adalah salah satu orang yang percaya kalau kerja itu sekali aja. Kalau udah dapet kerja, jangan pernah resign. Tapi ternyata, resign gak sepenuhnya buruk.

Kalo Bapak ngerasa kurang cocok sama kerjaan sekarang dan belum pernah resign, mungkin Bapak bisa mulai mempertimbangkan hal tersebut. Resign gak sepenuhnya buruk. Bahkan bisa jadi malah ngasih manfaat buat Bapak, misalnya:


1. Membuka Network Baru
Manfaat ini bakal lebih berasa kalau kerjaan Bapak ada di bidang yang gak butuh banyak interaksi sama pihak eksternal. Dengan pindah kerja, Bapak bakal ketemu sama orang baru dan juga lingkungan baru.

Secara gak langsung, Bapak bakal punya kenalan dan potensi network yang lebih luas. Tanpa Bapak harus repot-repot cari network ke sana ke mari.

Tapi, jangan lupa juga untuk tetep jaga hubungan sama temen-temen dari kantor lama. Kadang-kadang, bisa aja Bapak dapet project atau peluang baru dari temen di kantor yang lama juga.


2. Wawasan dan Perspektif Baru
Menjalankan rutinitas yang sama dalam jangka waktu yang lama bisa bikin Bapak terlalu terbiasa. Akhirnya, sense Bapak buat menikmati hal baru jadi berkurang. Terus wawasan sama perspektif yang Bapak punya bakal cenderung gitu-gitu aja.

Kalau Bapak ngerasa udah waktunya mengembangkan diri di tempat lain, gak ada salahnya buat resign dari kerjaan lama. Terus apply ke kerjaan di tempat baru, deh. Abis pindah, biasanya Bapak bakal nemuin wawasan sama perspektif baru. Bahkan meskipun posisinya sama persis.

Misalnya, kerjaan Bapak ada di bagian Finance di perusahaan jasa. Terus Bapak coba apply dan keterima lagi sebagai Finance di kantor baru. Tapi kali ini, kantornya ada di bidang otomotif. Tetep aja bakal ada sudut pandang baru yang bakal Bapak dapetin.


3. Lompatan Gaji
Ini sih bukan rahasia ya. Kalau Bapak mau dapet gaji yang lebih besar, pindah tempat kerja adalah cara paling cepat buat dapet lompatan gaji. Apalagi kalau dibandingkan sama kenaikan gaji dari nunggu increment atau promosi jabatan di tempat yang sama.

Biasanya sih bisa lah pak dapet sekitar kenaikan 20 - 30%. Kalau Bapak jago nego dan portfolionya bagus, bahkan bisa lebih lagi


4. Memperkaya CV
Tempat kerja itu ibaratnya portfolio dalam karir bapak. Contoh simpelnya kalau bapak pernah kerja di kantor akuntan Big 4, pasti CV bapak akan terlihat lebih menjual daripada yang kerja di non big 4. Selain itu, Bapak juga bakal lebih pede majang tempat kerja Bapak di profil Linkedin. Misalnya “ex-big 4, ex-multinational, dsb” 


Tapi ingat ya pak, kalau bisa sih jangan kutu loncat juga, kurang dari setahun pindah-pindah. Imagenya akan jadi kurang bagus.

 

quote

Resign sesekali mah ganapa, Pak. Asal jangan sampe kebiasaan jadi kutu loncat.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
25 Oct 2022
Dilihat :
80

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait