Apa yang Sebaiknya Adik Lakukan Saat Teman “Pinjem Dulu Seratus”

Bacaan 1 menit

Pinjam uang sebenarnya bukan hal yang aneh dilakukan apalagi jika yang meminta adalah teman dekat atau keluarga. Tapi makin kesini kebiasaan tersebut seolah meluas sampai-sampai orang yang tidak begitu dekat dengan kita juga mengirimkan pesan “Pinjam dulu seratus”. Lalu bagaimana sebaiknya adik menanggapinya? Berikut hal-hal yang mungkin bisa adik lakukan.

Tanya masalah apa yang sedang dihadapi orang tersebut

Jika teman adik yang tidak begitu dekat tiba-tiba mengirim pesan untuk meminjam uang bisa jadi dia sedang mengalami masalah mendesak yang membuatnya mau tidak mau harus meminjam uang pada orang lain. Kalo alasan yang disampaikan teman adik masuk akal dan bisa diterima, adik bisa meminjamkan uang pada mereka, tapi jika sekiranya alasan tersebut tidak masuk akal dan adik tidak merasa Ikhlas buat meminjamkan uang sebaiknya tidak usah.

Dengarkan pendapat orang lain

Teman-teman adik yang masih dalam lingkungan yang sama biasanya punya pengalaman yang sama bahkan dengan orang yang sama juga. Mendengarkan pendapat mereka tidak ada salahnya agar kebaikan adik tidak disalahgunakan nanti.

Langsung tolak

Ada beberapa orang yang menganggap pinjam meminjam uang bisa mengakibatkan hubungan pertemanan jadi kacau. Untuk itu adik bisa memilih opsi langsung menolak permintaan teman adik yang mau meminjam uang. Bukan karena pelit tapi memang untuk menjaga hubungan agar tidak rusak.

Tentu saja kebiasaan meminjam uang pada orang lain buruk dilakukan, tapi hal-hal tadi bisa adik lakukan jika sewaktu-waktu teman adik yang sudah lama tidak komunikasi muncul dan meminjam uang pada adik.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 1 menit
Dilihat :
124

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait