Bahasa Tubuh yang Wajib Bapak Kuasai Biar Kelihatan Profesional

Bacaan 3 menit

Bahasa tubuh merupakan salah satu bahasa mengenai isyarat tubuh, ekspresi dan cara untuk menyampaikan informasi. Beberapa bahasa tubuh meliputi ekspresi wajah, postur tubuh, gestur, gerakan mata dan lainnya. Dengan menguasai bahasa tubuh, bapak bisa terlihat lebih terlihat percaya diri dan profesional. Berikut beberapa bahasa tubuh yang wajib bapak kuasai biar keliatan profesional,

Cara memasuki ruangan

Kalo orang biasa, mungkin pas masuk suatu ruangan, dia bakal jalan menunduk, nyari spot atau tempat paling nyaman (alias di pojokan) terus duduk membelakangi tembok. Cara nyang benernya nih pak, ketika masuk ruangan, sebisa mungkin kepala bapak posisinya tegap, ga nunduk dan usahakan liat sekitar, senyum dan membuat kontak dengan orang-orang yang ada di ruangan. Intinya, ketika bapak memasuki ruangan, bapak harus jalan dan memasuki ruangan dengan penuh percaya diri.

Cara pas bapak duduk di bangku dan berdiri dari bangku

Kebanyakan dari bapak di bahasa tubuh yang ini, selalu mencari bangku atau kursi yang berada di pojokan dan membuat diri bapak terlihat kaku. Sama waktu berdiri, biasanya bahasa tubuh yang diberikan terkesan kaku dan awkward. Bahasa tubuh yang benar adalah berikan ruang yang bapak butuhkan untuk duduk dan berdiri. Power Stance bapak harus kayak orang mau ngangkat beban, bagian kaki dibuka selebar bahu, baik pas mau duduk maupun berdiri dari bangku. Ini bakal membuat bapak lebih keliatan powerful dan dominan. Tapi tolong banget diliat tempatnya juga ya, pak. Kalo emang tempatnya sempit atau terlalu rame, mohon dikondisikan yak.

Kontak Mata

Sebisa mungkin jangan nunduk pak, bahasa tubuh yang wajib bapak kuasai dan sangat powerful adalah kontak mata. Emang rasanya bakal terlihat awkward kalo terus-terusan bikin eye contact sama lawan bicara. Kuncinya adalah bapak harus go with the flow. Ngalir aja gitu, pak. Ngeliat ke kanan kiri untuk berpikir sejenak gapapa juga kok, pak. Tapi sebisa mungkin jangan melihat kebawah. Setelah ngeliat kanan kiri untuk berpikir sejenak, bapak bisa balik lagi melakukan kontak mata dengan lawan bicara. 

Menggunakan gestur tangan yang terbuka (open hand gesture)

Dengan menggunakan open hand gesture, bapak bisa terlihat lebih tenang dan bisa menguasai ruangan. Kalo bapak tau, cara salaman sekarang itu merupakan salah satu perkembangan dari open hand gesture. Membuat lawan bicara bapak terlihat lebih nyaman dibandingkan dengan kalo bapak ngantongin tangan bapak di celana atau jaket bapak. 

Berhenti sejenak (pause)

Dalam situasi apapun, berhenti sejenak bisa bikin bapak keliatan menguasai pembicaraan juga. Bahasa tubuh yang ini wajib bapak kuasai. Walaupun dalam praktiknya tidak mudah ya, tapi seiring dengan waktu bapak pasti bisa melakukan bagian ini. Bapak bakal terlihat lebih percaya diri dan dalam beberapa situasi bisa memberikan bapak waktu untuk berpikir

Sebisa mungkin hindari fidgeting

Fidgeting  tu adalah suatu kondisi ketika bapak gelisah, terus bagian tubuh bapak mulai melakukan gerakan yang menunjukkan rasa gelisah. Contohnya, ketika dalam ruangan meeting bapak mainin pulpen, atau bapak goyang-goyangin satu kaki. Biasanya ini menandakan kalo bapak grogi dan insecure. Cara biar ga melakukan fidgeting adalah dengan memikirkan sesuatu yang bikin bahagia. Contohnya kalo sayah, bakal ngebayangin menikmati kopi di Minggu pagi dengan ditemani hujan. Amboy sekali!

Angkat dagu bapak dan tunjukkan sisi kiri dari kepala bapak

Bahasa tubuh yang satu ini sudah terbukti secara ilmiah bisa menunjukkan bagian terbaik dari facial features bapak dan membuat bapak terlihat lebih percaya diri. Kebanyakan orang biasanya berjalan dengan menundukkan kepalanya. Kuncinya adalah dagu bapak hampir menunjuk keluar, biar terlihat lebih dominan dan percaya diri. Tapi jangan ketinggian juga, pak. Jatohnya nanti keliatan sengak dan songong.

Biar lebih jelas, bapak bisa nonton video ini:

Selain komunikasi secara verbal, bahasa tubuh sangat berperan penting dalam komunikasi. Beberapa bahasa tubuh ini wajib bapak kuasai biar keliatan profesional. Bahasa tubuh adalah powerful tool. Kemampuan menguasai ruangan tanpa mengucapkan sepatah kata pun merupakan salah satu ciri dari pria sukses. Semoga bermanfaat ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
69

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait