Beberapa Ciri Pekerjaan yang Adik Kudu Hati-hati pas Apply

02 Nov 2022

Jaman sekarang nyari kerjaan nggak gampang ya dik. Jangankan fresh graduate, yang pengalamannya segambreng aja puyeng nyarinya. Tapi jangan berarti asal apply aja ya dik, soalnya banyak oknum yang nggak jelas. Ini ciri-ciri yang adik harus hati-hati:


Deskripsi Pekerjaan Terlalu Banyak. Sekarang udah banyak kan cara apply, ada aplikasi, website, atau poster. Di situ pasti ada informasi deskjobnya. Saya pernah liat loker yang isinya orang harus bisa nyetir, bisa ngedit, bisa creative writing, bisa desain terus bisa programming juga. Bayangin aja dik, ini mah bukan orang tapi AI. Kalau ketemu yang modelan begini mah red flag dik, setiap pekerjaan pasti ada deskripsi khusus.


Lokasi Kantor Tidak Jelas. Jaman sekarang udah gampang akses apapun. Jadi info apapun langsung google aja. Termasuk alamat kantor yang ngasih loker. Jangan sampai kecele ya dik. Banyak tuh yang naro alamat kantor dan udah ngomong gede pas nelfon ternyata kantornya hoax dan cuma nebeng. Sebenernya nggak masalah kalo kantor masih kecl, yang nggak bagus kan kalo dia ngasih info ga bener.


Email yang Dikirim Nggak Profesional. Kalau urusan profesional, berkirim email udah hal biasa. Jadi pasti udah tahu kalo semuanya harus formal, mulai dari kata-kata sampai informasi di email. Jadi kalau tiba-tiba adik dapat email isinya terlalu kasual dan info nya nggak valid, adik kudu hati-hati. Apalagi kalau ternyata adik nggak pernah apply ke kantor tersebut.


Track Record Perusahaan Jelek. Nggak ada perusahaan yang sempurna ya dik, karyawan juga begitu. Tapi paling nggak, kalau milih kantor jangan yang beneran namanya jelek di mata orang-orang. Sebelum adik apply atau tandatangan kontrak, adik harus tanya-tanya sama temen atau keluarga yang kerja di industri yang sama. Jangan sampai nantinya adik jadi rugi.


Nah itu dia beberapa tanda-tanda kerjaan yang bikin adik harus hati-hati. Karena jaman sekarang ada beberapa oknum yang manfaatin orang yang putus asa nyari kerja. Yang penting tetap semangat ya dik, waktunya kerja akan tiba kalau adik terus berusaha.

 

Ditulis oleh:
Tiffon
02 Nov 2022
Dilihat :
48

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait