Ingin Budidaya Maggot BSF? Yuk Kenalan Dulu Dengan BSF!

Bacaan 2 menit

Sebelumnya apakah kalian pernah mendengar tentang BSF (Black Soldier Fly)? Ayo, kita kenalan dulu dengan jenis serangga yang memiliki nama latin Hermetia illucens satu ini. Kalo dalam bahasa kita, diartikan Lalat Tentara Hitam (terdengar asing bukan, pak?). Lalu apasih beda nya BSF ini dengan lalat biasa atau lalat hijau? Mari kita cari tau. 

Ciri dan Karakteristik Black Soldier Fly

Perlu kalian ketahui, dari fisik kita bisa membedakan BSF dengan lalat biasa maupun lalat hijau. BSF ini tubuhnya lebih pipih memanjang dan berukuran sekitar 16 mm dibandingkan lalat biasa yang berbentuk "buntek" sedangkan lalat hijau ukurannya lebih besar dan berwarna hijau. Bentuk kepala BSF dewasa ini lebar dan memiliki antena yang panjang nya 2x dari ukuran kepala nya. Serangga ini didominasi warna hitam dengan refleksi metalik, kemudian kaki nya pun hitam dengan tarsi keputihan. Kemudian cara membedakan BSF jantan dan betina itu bisa dilihar dari ekor nya. Menurut pengamatan pribadi saya dan dari berbagai sumber, BSF jantan ekor nya rata/datar sedangkan yang betina bentuk ekor nya bercabang seperti bentuk gunting. Jadi gimana, sudah dapat gambaran tentang Black Soldier Fly ini? Kalo saya bilang jenis lalat ini agak mirip tawon jika diliat dari fisiknya. 

Habitat dan Tempat Favorit Black Soldier Fly

Kita sering menjumpai lalat biasa/rumahan maupun lalat hijau di sekitar kita bahkan di dalam rumah. Saya yakin, kalian pasti jarang menjumpai jenis BSF ini atau bahkan belum pernah sama sekali. Habitat alaminya berada di daerah yang beriklim tropis dan di pinggiran perkotaan. Lalat jenis ini banyak ditemukan diluar ruangan, alam liar, dan tempat-tempat yang mengandung bahan organik, khususnya kandang ternak dan kumpulan limbah organik. Ini dikarenakan sampah organik merupakan sumber makanan bagi larvae/maggot mereka. Kalau lalat hijau langsung hinggap dan bertelur di sampah, sebaliknya BSF ini bertelur di sekitar dan meletakkan telur nya di tempat bersih dan kering.

Black Slodier Fly Aman atau Berbahaya?

Seperti yang kita tau, lalat rumahan ataupun lalat hijau itu hama yang membawa bakteri/bibit penyakit seperti malaria, dll. Black Soldier Fly merupakan lalat yang memiliki antibiotik alami dalam tubuhnya sehingga lalat ini tidak membawa bakteri/penyakit. Jadi jangan khawatir, lalat yang satu ini aman ya, pak!

Apa Saja Manfaat Black Soldier Fly Bagi Kita? 

Selain tidak merugikan bagi manusia, Black Soldier Fly ini ternyata memiliki manfaat bagi kita. Lebih tepatnya, bukan lalat nya tetapi larvae/maggot dari jenis lalat ini. Perlu diketahui, larvae/maggot BSF ini merupakan mesin hidup sebagai pengurai sampah organik yang sangat handal. Sadar atau tidak, negara kita berada di urutan 4 penghasil sampah terbesar di dunia. Jika bisa memanfaatkan larvae/maggot BSF ini, kita bisa berkontribusi dalam proses penguraian atau pengomposan khususnya limbah organik. Dimulai dari memproses limbah organik yang kita hasilkan dirumah sendiri, kita bisa mengajak lingkup masyarakat yang lebih luas untuk bisa berkontribusi juga dalam penanganan limbah. Tidak hanya itu, kita juga bisa mendapatkan cuan dari budidaya larvae/maggot BSF ini (beneran inimah pak). Dengan bebudidaya larvae/maggot BSF, kita bisa menghasilkan pakan ternak sebagai alternatif pakan konvensional dan juga pupuk dengan kualitas super. 

Jadi gimana pak? sudah ada keinginan untuk mencoba budidaya maggot BSF yang menghasilkan cuan? Saya sendiri sudah melakukan nya, jika tertarik akan saya tuliskan kiat-kiat berbudidaya maggot BSF di artikel selanjutnya ya!

Ditulis oleh:
Bapake Janu
Bacaan 2 menit
Dilihat :
758

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait