Cara Adik buat maafin orang yang bikin sakit hati

Bacaan 2 menit

Adik-adik tersayang yang mungkin lagi galau dan sedih karna dikhianatin cem-cemannya, atau marah karna dikecewain orang terdekat, ayo dik kita move on, jangan sedih lagi, kita lepasin semua energi dan perasaan negatip dengan memberi maaf yang tulus, agar adik bisa melanjutkan hidup dengan tenang kedepannya. Memang butuh proses buat adik untuk mengakui amarah, rasa sedih hingga nangis-nangisan, memahami lukanya sampai ke tahap penerimaan dan pengampunan. Berikut langkah-langkah buat adik untuk memberi maaf ke orang yang bikin luka dihati menurut psikolog, Pak Robert Enright:

1. Memahami amarah dengan menelusuri akarnya, adik bisa mikir dan cari tahu kenapa adik bisa seamarah ini, apa saja tindakan orang tersebut yang sampai bikin luka dan kesedihan dihati adik, adik juga bisa tulis sendiri buat ngurangin rasa amarah dan menjernihkan pikiran adik.

2. Memaafkan adalah sebuah keputusan, kasih maaf ke orang yang udah nyakitin adik bisa kapan aja ya ga harus nunggu lebaran aja, lebih cepat tentunya lebih baik dik dan keputusan untuk memberi maap kepada orang lain adalah keputusan yang bijak meski mungkin adik gabakalan lupa sama kisah pahit tersebut.

3. Melihat orang yang nyakitin adik dengan kacamata welas asih, jika adik sudah siap adik bisa melihat orang yang sudah nyakitin adik dengan memahami bahwa memang karna niat jahatkah atau ada banyak faktor lain yang ngebuat dia tega ngelakuin hal pahit itu sama adik, sehingga adik bisa membuka peluang besar untuk kasih maap ke dia.

4. Merenungkan gimana adik telah tumbuh, coba adik renungkan lagi ada banyak pelajaran berharga yang bisa adik ambil dari kisah pilu yang adik rasain yang semoga bikin adik jadi orang yang lebih baik dan bijaksana kedepannya.

Kembali normal setelah mendapat luka dan kesedihan sampai ke tahapan memberi maap memang adalah sebuah proses ya dik, mungkin adik ga bisa kasih 100% mengampuni dan memaafkan dia yang nyakitin adik karna besarnya rasa sedih dan trauma yang adik rasain. Ga masalah dik, lebih baik daripada ga sama sekali, karna adik berusaha untuk melepas amarah dan rasa benci untuk hidup adik kedepan yang damai, tenang dan damai. Semangat yaa!

Ditulis oleh:
HansYogi
Bacaan 2 menit
Dilihat :
378

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait