Cara Berbagi Pekerjaan Rumah Tangga sama Istri

16 Sep 2022

Urusan tugas rumah tangga ini kalo gak dikerjain dengan baik bisa bikin heboh dunia rumah tangga. Istri yang udah capek jadi tiba-tiba diem sama bapak, tapi bapak kaga tau salah bapak dimana. Bapak juga males liat rumah yang berantakan. Urusan rumah tangga nih kelihatannya sepele tapi kalo ga dikerjain dampaknya bisa gede. Kayak lupa buang sampah, jadinya sampah numpuk dan jadi bau. Bisa menimbulkan penyakit juga.


Makanya penting banget adanya pembagian pekerjaan rumah tangga. Bikin situasi rumah lebih nyaman juga. Istri bapak engga capek, tambah sayang sama bapak. Bapak juga ga ngeliat bagian rumah yang berantakan lagi. Nih, pak. Saya kasih tau tipsnya.

  1. Sepakatin Jadwal
    Pilih aja yang paling sederhana dulu kayak jadwal. Siapa yang kebagian jadwal pagi sama siapa yang jadwal malam. Misalnya nih yang tugas bangun pagi dan siapin sarapan bapak, nanti yang tugas malam dan siapin makan malam istri. Abis sepakat sama jadwal, usahain selalu patuh sama jadwal itu. Jadi biar ritme sehari-hari tuh tetap teratur dan nggak bikin perkara.

  2. Bagi Porsi Kegiatan
    Biar makin efektif, bapak bisa bagi porsi kegiatan juga sama istri. Kalau bagi porsi kegiatan ini bisa dilihat dari siapa yang bisa dan mampu. Misalnya nih, istri bagian cuci baju, bapak yang bagian jemur. Atau mungkin istri yang bagian masak, bapak yang bagian cuci piring. Jadi saling kerja sama antara bapak dan istri biar semua aman terkendali pak. Inget ya pak, rumah tangga itu teamwork jadi kudu barengan ngerjainnya.
  3. Bikin SOP Pengerjaan Rumah Tangga
    Biar nggak kerja dua kali, coba bikin SOP pengerjaan rumah tangga aja pak. Ini isinya tata cara pelaksanaan pekerjaan rumah tangga. Jadi biar kagak bikin kesel satu sama lain dan biar kerjaan bisa lebih maksimal. Contohnya, abis ngepel lantai jangan lupa dibilas pel-pel-an nya. Isinya hampir sama kayak SOP kerjaan di kantor gitu deh. Misalnya kalo ngepel sabun kudu pake dua cup aja biar kagak terlalu berbusa dan bikin lantai granit rusak, terus kalo cuci piring sabun gak usah dicampur air, dan lain lain. SOP gini bakal ngebantu biar sama-sama tahu gimana  kerjaan rumah tangga udah beres atau belum. 

  4. Kerjain yang Bisa Dikerjain
    Sering kali bapak nggak perhatiin kondisi di dalam rumah. Misalnya pas jadwal buang sampah, bapak tau kalo plastik sampah abis tapi bapak diem aja. Kayak gini yang bikin istri ngedumel. Kalo udah kelihatan abis, langsung masukin daftar barang yang perlu dibeli biar bisa langsung beli. Jadi nggak nunggu kehabisan dan bikin repot juga. Lebih bagus lagi kalo bapak nge-stock buat jangka waktu yang lama. Cara-cara di atas udah saya coba di rumah.Yang paling penting kalo urusan beberes rumah gini nih kudu rutin dan komitmen. Kan ya nggak mungkin rumah selalu kinclong, rapi, bersih tiap hari tapi bapak sendiri kaga ada kontribusinya sana sekali. Jadi kudu sepakat dan konsisten ya, pak!

Ditulis oleh:
Girly
16 Sep 2022
Dilihat :
28

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait