Cara Biar Bapak Menjadi Seorang Teman Yang Baik

Bacaan 2 menit

Di umur bapak yang sudah tidak muda lagi, dan udah tua gini, punya teman adalah sesuatu yang patut disyukuri. Sungguh berharga banget, pak. Nanti akan kerasa sendiri pak, seiring berjalannya waktu jumlah temen bapak akan menurun, tapi kualitas teman bapak bakalan naik, jikaaaa, bapak perlakukan mereka dengan baik dan benar. Gimana sih cara biar bapak bisa menjadi seorang teman yang baik ?

Siap Membantu

Karena udah tua, dan udah kenal lama juga, bapak dan temen bapak pasti udah saling tau kondisi masing-masing. Gak perlu selalu ada setiap saat, yang penting tunjukin kalo bapak sungguh peduli sama temen bapak kalo misalkan dia ada masalah. Tanya apa yang bapak bisa bantu. Bukan sekedar basa-basi aja ya, pak. Perhatian bapak bisa ngebantu nenanging perasaan temen bapak, nanti dia jadi bisa mikir lebih jernih, ya minimal kagak senep-senep amat lah mikirin masalah sendirian.

Coba memahami

Setiap tindakan orang pasti disertai dengan alasan, motivasi atau background story-nya. Coba pahami dan toleransi temen bapak. Dimaklumi, pak. Kalau bapak kagak mau mencoba memahami hal tersebut, jangan harap bapak akan bisa punya temen dekat. (Selama itu ada batasannya ya, sesuai norma-norma yang berlaku). Kalau bapak paham banget sama karakter temen bapak, dan tau gimana baik dan buruknya, bapak bisa lebih mudah untuk memperlakukan temen bapak sesuai dengan sifat dan karakternya.

Jujur

Salah satu perasaan yang paling gak enak adalah kalo kita dibohongin pak. Apalagi sama temen sendiri. Biar keadaanya pahit, mending ngomong jujur aja deh. Kalo bohong, cuman bikin masalah di masa yang akan datang. Bapak bisa ngomong jujur ke temen bapak, tapi inget pak, tetep santun ya.

Mendukung (Suportif)

Kalo ada temen bapak yang lagi down, entah itu tentang pekerjaan, keluarga, pasti mereka akan senang sekali kalo kita kasih dukungan atau support, sukur-sukur kalo bapak bisa kasih solusi. Kalo bapak orangnya humoris dan temen bapak juga orangnya humoris, bapak bisa jerit-jerit semangatin temen bapak kayak cheerleader. Etapi balik lagi ya pak, gimana karakteristik temen bapak.

Punya teman-teman yang baik itu salah satu rejeki yang harus disyukuri, dan salah satu cara mensyukurinya dalah dengan memperlakukan teman dengan baik. Kalo bapak sendiri, apakah ada tambahan khusus mengenai cara biar bapak bisa menjadi seorang teman yang baik? Kalo ada boleh dishare ya, pak!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
49

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait