Cara Biar Ngorok Bapak Gak Heboh-Heboh Amat

Bacaan 2 menit

Supaya istri bapak akhirnya bisa mendapatkan ketenangan yang hakiki gak lagi keganggu suara motong keramik lagi malem-malem. Ini beberapa hal yang bisa mengurangi dengkuran bapak ketika tidur,

Ubah posisi tidur bapak.

Naikin posisi kepala bapak setidaknya 10cm, tujuannya untuk memudahkan pernafasan dan mendorong lidah serta rahang untuk bergerak maju, jadi saluran pernafasannya lebih terbuka. Sekarang ada bantal anti dengkur untuk mastiin otot leher bapak tidak berkerut dan bikin muka bapak tetep estetik pas lagi tidur.

Turunin berat badan dan olahraga

Berolahraga secara umum bisa ngencengin berbagai otot di tubuh bapak. Ada beberapa gerakan khusus yang bisa dilakukan untuk memperkuat otot di tenggorokan. Tujuannya supaya jaringan lemak di belakang tenggorokan berkurang, efeknya bisa ngurangin bahkan ngeberentiin kebiasaan ngorok bapak.

Bersihin saluran hidung

Bapak bisa bersihin saluran hidung bapak dulu sebelum tidur, bapak bisa juga menggunakan dekongestan atau nasal strip supaya nafasnya lebih mudah. Karena saat hidung mampet, secara otomatis bapak akan bernafas lewat muluy yang rentan bikin bapak ngorok.

Jaga kelembapan udara

Penyebab bapak ngorok bisa terjadi juga karena ada jaringan hidup bapak yang bengkak, biasanya terjadi karena udara yang kering bikin iritasi saluran hidung dan tenggorokan bapak. Untuk nyiasatinnya, sebelum tidur bapak bisa nyalain humidifier supaya udara bapak lebih lembab.

Berhenti merokok

Bapak tahu kan kalu ngerokok bisa bikin iritasi selaput di hidung dan tenggorokan, yang akhirnya bisa nyumbat saluran udara? Nah, mungkin ini salah satu alasan bapak ngorok, pak! Makanya berenti dah, mulai sekarang.

Stop konsumsi alkohol, pil tidur atau obat penenang. 

Karena efeknya bisa mengendorkan otot di tenggorokan dan mengganggu pernafasan. Sama jangan makan malam terlalu banyak, karena kekenyangan itu bikin dengkuran bapak makin parah.

Periksa ke dokter

Takutnya memang ada keadaan medis yang ngebuat bapak ngorok, apalagi kalu bapak ngoroknya udah kayak knalpot RX-King yang nembak-nembak brebet, khawatirnya sleep apnea, yaitu keadaan dimana bapak sempat berhenti nafas ketika sedang tidur.

Kalau masih dengkur juga, ada satu solusinya, kaga usah tidur. Mantap. Semoga artikel mengenai beberapa hal yang bisa mengurangi dengkuran bapak ketika tidur ini bisa membantu ya!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
40

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait