Cara mengingat nama orang yang baru kenal dengan metode SAVE

Bacaan 1 menit

Jadi, metode SAVE itu adalah akronim dari:

Say
Ask
Visualize
End


Say.

Sebutin nama dari orang tersebut Minimal 3 kali didalam percakapan. Misalnya bapak baru kenalan sama Pak Yono di kondangan. Dipercakapan saat merefer ke beliau, bapak sebut namanya. Jangan cuma "bapak" doang. harus lengkap "Pak Yono". Diulang-ulang terus juga gapapa, biar cepet inget dan Pak Yono juga seneng kok.

Ask.

Tanya-tanyain tentang namanya atau tentang dirinya. Jadi bapak gali lebih dalem. Teknik ini bikin bapak inget karena nanti namanya akan terasosiasi dengan sesuati yang dia ceritain. Kalo bapak inget ceritanya, bapak inget namanya. Contohnya: "Nama Yono diambil dari kata-kata Yo ora ono". atau "ooooh, iya, Yono properti".

Visualize.

Bayangin ciri-ciri fisik atau kepribadian yang paling menonjol dari orang itu. Misalnya Pak Yono itu kupingnya bagus. Atau Pak Yono itu orangnya hangat sekali, asyik dan fun sekali, senang ngobrol soal bapak jadi ingetnya Pak Yono Kuping Bagus, atau Pak Yono Saik.

End.

Akhiri percakapan bapak denga menyebut nama orang itu. Sebutin namanya sebagai kata-kata terakhir waktu mau berpisah. Ini bermanfaat untuk bikin memori bapak tentang namanya lebih kuat, jadi ga gampang lupa besokannya. Contohnya: "Saya pamit dulu, Pak yono. Senang sekali bisa ketemu Pak Yono. Salam untuk keluarga, Pak.

Ditulis oleh:
James Jan Markus
Bacaan 1 menit
Dilihat :
266

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait