Jenis-jenis Minyak yang Cocok buat Kesehatan

14 Nov 2022

Minyak goreng yang sering dipake di rumah emang jadi salah satu minyak yang paling banyak dipake. Padahal, ada beberapa minyak yang bisa jadi alternatif buat ngegoreng sama ngolah makanan. Malahan, punya manfaat buat kesehatan kita lho pak. Apa aja ya minyak yang cocok buat kesehatan? Yuk, cari tau.

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun atau olive oil ini salah satu minyak yang dihasilkan dari ekstrak buah zaitun. Kalo bapak suka makan pasta atau lasagna, pasti bakal ngerasa ada bahan yang terbuat dari minyak. Nah, minyak yang dipake buat olahannya itu minyak zaitun pak. Saya dapet dari berbagai sumber kalo yang dipake buat olahan pasta itu extra virgin olive oil yang enggak dimurniin karna kualitasnya tinggi.

Berdasar beberapa website kesehatan yang saya cari, minyak zaitun ini punya kandungan 5 sampe 10 kali lemak sehat yang dibutuhin sama badan kita buat ngebantu mencegah penyakit kardiovaskular, ngurangin resiko kanker, sampe peradangan usus.

2. Minyak kelapa

Kalo bapak pernah nyium aroma yang khas kelapa di dapur pas istri masak kue, bisa dipastiin istri bapak pake olahan minyak kelapa atau coconut oil. Minyak ini juga mirip kaya olive oil yang juga punya kandungan murni. Selain cocok dipake buat bikin kue, minyak kelapa juga punya kandungan antioksidan yang bisa ngebantu buat nyegah pembentukan plak di dinding pembuluh darah kita.

3. Minyak kanola

Minyak yang diolah dari biji taneman canola ini jadi salah satu jenis minyak nabati yang punya kandungan 63% lemak tak jenuh tunggal sama asam alfa-linoleat yang jadi turunan dari omega-3 dan dianggep bisa ngebantu buat ningkatin kesehatan jantung kita.

Yang unik dari minyak canola dari jenis minyak lainnya adalah minyak ini enggak disaranin buat dipake ngegoreng karna kalo dipanasin pake suhu yang tinggi justru bakal ngalamin oksidasi dan bisa bikin oksigen jadi bereaksi buat ngebikin jadi senyawa yang bahaya.

4. Minyak wijen

Minyak wijen sering ditemuin di olalahan makanan khas Korea kaya topokki. Minyak yang dibuat dari ekstraksi biji wijen mentah ini punya kandungan kesehatan juga kaya jenis minyak lainnya. Minyak ini dipercaya bisa nurunin tekanan darah, bikin luka jadi cepet sembuh, bisa buat cegah rambut rontok, sama buat ngelindungin kulit dari sinar matahari.

5. Minyak alpukat

Minyak alpukat emang kurang populer di dunia perminyakan. Tapi, justru minyak alpukat ini punya kandungan kesehatan yang nggak bisa dianggep remeh nih pak. Soal rasa juga enggak kalah lezat sama jenis minyak lainnya yang cocok dicampur ke berbagai jenis bahan masakan.

Minyak yang diambil dari ekstrak alpukat ini punya kandungan asam oleat yang jenisnya asam lemak omega-9 yang dipercaya bisa nurunin kolesterol tinggi dan nurunin tekanan darah tinggi.

Sebenernya, nggak cuma kelima minyak ini aja lho pak. Ada berbagai jenis minyak olahan lain yang punya manfaat dan cocok buat bapak yang pengen hidup sehat dengan ngeganti minyak goreng dengan minyak yang lebih alami. Bisa beralih pelan-pelan ya pak.

Ditulis oleh:
Nasuha
14 Nov 2022
Dilihat :
25

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait