Cedera Olahraga yang Bisa Dialamin Sehari-hari

21 Oct 2022

Kalo bapak bapak suka nonton olahraga pasti udah familiar liat atlet cedera. Nah cedera itu emang banyak macemnya mulai dari kepala sampe kaki. Tapi ternyata, cedera itu bisa juga kejadian di kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa di antaranya:


ACL (Anterior Cruciate Ligament). Biasanya kalo kenanya di atlet, absennya bisa itungan bulan pak. Namanya juga ligamen lutut yang kena, udah enggak bisa ngapain-ngapain. Tapi ternyata bukan kalo atlet aja yang bisa kena pak. Kita-kita juga bisa. Mulai dari tabrakan kenceng, atau pendaratan habis loncat nggak sempurna. Siapa tau bapak suka ngeloncatin got gede, kudu hati-hati tuh. Tapi serius deh pak. Ini harus hati-hati. Soalnya kalo nggak bener-bener dirawat baik-baik, bisa nggak nyaman terus lututnya. Karena cedera ini biasanya karena benturan yang cukup keras atau aktivitas dengan intensitas tinggi, ada baiknya langsung ke dokter jika merasa ada yang salah dengan bagian ligamen lutut bapak. Cedera ini bisa memakan waktu 2 hingga 6 bulan tergantung tingkat keparahannya. Setelah konsultasi dan observasi dokter, bapak bisa saja menjalani tindakan operasi atau terapi.


Cedera Engkel. Buat bapak-bapak yang bolos pelajaran biologi, engkel tuh pergelangan kaki. Nah suka tuh kadang-kadang liat pemain bola megangin engkelnya. Biasanya cedera engkel habis ketekel atau salah jatoh. Bukan atlit aja yang bisa cedera engkel, bapak juga bisa. Apalagi kalo bapak suka banget jalan-jalan cepet, salah napak sekali aja kakinya melengsong. Atau sepatu yang enggak pas aja, bisa bikin engkel kagak bagus. Kalo udah bengkak mah rasanya maknyus pak. Cedera engkel sendiri sembuh tergantung tingkat cederanya pak, kalo ringan itungan minggu tapi kalo agak lumayan bisa sampe 3 bulan.


Cedera Metatarsal. Cedera ini biasa disebut juga cedera telapak kaki. Pemain bola lebih sering cedera ini daripada profesi lain. Tapi sebenernya, bahkan kita sekalipun bisa lho pak. Ada yang karena mungkin kena benturan keras, atau ada juga yang karena berulang kali dibebankan hal yang sama padahal udah ngga baik kondisinya. Kalo ringan biasanya makan waktu 6-8 minggu untuk pulih. Kalo udah ngerasa nggak enak lebih baik ke dokter daripada terlambat. Bapak juga harus ngurangin penggunaan kaki tersebut biar cepet pulih. Biasanya enggak boleh pake sepatu sempit atau sepatu dulu.


Cedera Hamstring. Kalau nonton TV, pasti enggak asing sama pemandangan pemain yang diganti terus megang paha. Biasanya yang sambil megang paha belakang itu namanya cedera hamstring. Apalagi kalo rasanya kayak otot paha tertarik. Kalo bapak-bapak suka lari tiba-tiba, kemungkinan bisa cedera hamstring juga besar. Biasanya itungan minggu buat pulih, jadi jangan olahraga berat dulu. Kalo belum ke dokter, bapak bisa kompres bagian yang sakit dengan es atau saat tidur, berikan bantalan agar paha tersebut lebih tinggi. Tapi kalo udah berasa sakit banget terus enggak nyaman, mending ke dokter pak. 


Cedera Jari Tangan. Jari tangan itu banyak jenis cederanya, bisa patah atau retak, atau juga trigger finger. Kalo patah atau retak itu biasanya karena benturan keras kayak tabrakan atau ketimpa tangannya. Nah, kalo trigger finger itu bisa dialamin kalo banyak tekanan di jari atau genggam sesuatu dalam waktu yang lama. Pada trigger finger, jarinya bengkok terus kekunci. Nah, mendingan pas bapak menderita cedera di jari tangan, jangan ngelakuin aktivitas yang perlu tekanan ama jari tangan bapak, kayak panco misalnya. Biasanya sih cedera gini bisa sembuh kurang lebih sebulanan pak. 


Itu dia pak beberapa cedera yang bisa dialamin. Harus sayang ama badan sendiri ya pak, mumpung masih sehat. Kalopun cedera, mendingan buru-buru langsung ke dokter biar enggak kejadian hal yang enggak dipengen. Biarpun bukan atlet, badan sehat masih jadi aset kita, pak. 

 

Ditulis oleh:
Tiffon
21 Oct 2022
Dilihat :
72

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait