Ciri-Ciri Adik Belum Perlu iPhone dalam Hidup Adik

Bacaan 2 menit

Pusing ya Dik? Liat temen2 udah pada pake iPhone, tapi Adik masih aja megang Android.

Sebelum checkout atau pergi ke iBox, coba deh renungin hal-hal berikut ini dulu. Sapa tau sebenernya Adik belum perlu iPhone dalam hidup Adik, cuma Adik belom sadar aja.

 

1. Adik pengen iPhone karena FOMO

Coba deh pikirin lagi, sebenernya Adik butuh iPhone karena emang butuh, atau karena temen2 Adik udah pada make iPhone aja? Terus Adik jadi kepengenan juga.

Emang sih iPhone kayanya asik banget buat foto, video, atau hal produktif lainnya. Tapi yakin itu alasannya?

Jangan-jangan "kebutuhan" yang Adik maksud itu cuma pembenaran Adik aja. Padahal ya alasan utamanya emang karena Adik FOMO pengen kaya orang2. Uuuuudah. Coba deh jujur dulu, Dik.

2. Gak ada fitur spesial yang Adik perluin

Kalo udah jujur, coba tanya lagi, "Ada gak fitur khusus iPhone yang beneran Adiik perluin?"

Kalo gak ada, coba tunda dulu keinginan buat beli iPhone-nya.

3. Adik perlu nabung setahun buat beli iPhone

Adik mungkin udah kerja dan punya uang sendiri. "Ganapa dong, Pak, buat self-reward tipis2 mah." Ya kalau gaji Adik masih UMR mah ga tipis2, Dik :(

Coba deh itung dulu berapa harga iPhone yang Adik pengen. Trus itung juga "gaji" Adik per hari-nya berapa.

Kalo gaji Adik per hari masih 100ribuan, berarti harga iPhone yang 14 jutaan itu sama kaya 140 hari kerja Adik. Artinya, SEMUA gaji Adik selama 5 bulanan kudu ditabung buat beli iPhone. Kan gak mungkin.

Kalo Adik cuma bisa nabung sejutaan tiap bulan, berarti Adik kudu nabung lebih dari setahun buat beli iPhone. Keknya kurang oke gak sih, Dik?

4. iPhone bukan barang produktif

Sekarang bayangin dulu, bayangin dulu aja Adik udah punya iPhone. Terus iPhone-nya mau Adik buat apa? Kalau baru sekedar memenuhi lifestyle dan sifatnya gak produktif, mungkin android Adik saat ini masih cukup.

Kalau Adik serius mau jadi content creator atau pekerjaan lain yang membutuhkan iPhone, mungkin Adik bisa mulai berpikir buat beli iPhone tersebut.

5. Tabungan Adik ga cukup buat beli 2x

Ini penting banget. Pastiin tabungan Adik bisa dipake buat beli iPhone yang Adik pengen 2x secara cash. Artinya, kalo Adik pengen iPhone yang harganya 14 jutaan, minimal banget tabungan Adik harus ada 28 jutaan atau lebih.

Rumus ini juga berlaku ke barang2 konsumtif dan mahal lain yang Adik pengen ya. Semisal tas, sepatu, jam tangan, dan lain-lain.

6. Adik masih mikir berkali-kali buat beli

Sampai Adik nemu post ini, udah berapa kali mikir pengen beli iPhone, Dik? Kalo Adik udah gak bisa ngitungnya lagi, mungkin emang sekarang belum waktu yang tepat buat punya iPhone.

 

Yang terpenting itu bukan apa yang Adik punya atau pakai. Tapi kualitas diri yang Adik punya. Kalau kualitas diri Adik bagus, barang apapun yang Adik pakai bakal keliatan keren aja. Percaya, deh.

Ditulis oleh:
Runa Aviena
Bacaan 2 menit
Dilihat :
371

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait