Ciri-Ciri Warung Nasi Uduk Betawi yang Enak

Bacaan 2 menit

Ini berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya selama 30 taunan ya warga, jadi ciri-ciri warung nasi uduk Betawi yang enak adalah sebagai berikut,

Menggunakan Kerupuk Oranye

Dibadingkan sama kerupuk yang pinggirannya warna-warni atau kerupuk berwarna kuning muda kek baju putih lamanya Pak Munawir, warung nasi uduk yang pake kerupuk warna oranye biasanya rasanya lebih asoy dan aduhai amboy.

Sambelnya, sambel Kacang

Jangan pernah percaya sama warung nasi uduk Betawi yang cuman nyediain sambil merah doang. Ini ibarat bapak ke restoran cepat saji, tapi kaga nyediain burger, malah nyediain ketan kinca. 

Bentuk bakwannya gepeng, gak tebel atau bulet.

Para pemilik warung nasi uduk Betawi otentik yang mengedepankan citarasa dan tekstur, paham betul bakwan yang cocok dengan nasi uduk mereka adalah bakwan yang garing, dan tipis. Yang kalau disiram sambal kacang, permukaannya dapat menampung kacang kasar dan cabainya. Sungguh brilian sekali.

Si penjual kalo dia wanita, pasti latahan dan kalau laki2 pasti cool sekali, tapi kalau sesekalinya komen, lucu banget.

Ini sudah pola umum yang saya perhatikan pada warung nasi uduk Betawi enak yang sudah beroperasi minimal 10 tahun.

Tempat nasinya ada motifnya, gak polos.

Apa lagi kalau ukurannya besar. Udah itu mah fix nasi uduknya enak.

Bawang gorengnya bikin sendiri, kagak beli yang di pasar.

Bawang goreng nasi uduk Betawi serius sangat memerhatikan elemen ini. Tekstur bawang gorengnya yang agak basah, sedikit gelap karena terkaramelisasi, dan rasa manis-gurih umami yang kuat sekali, sulit sekali dikalahkan oleh bawang goreng pabrikan.

Jualan risol isi bihun

Warung nasi uduk Betawi yang enak udah pasti ngerti bagaimana jenis makanan mereka cocok dikombinasikan dengan bumbu kacang yang sudah tersedia. Selain bakwan tadi, risol isi bihun yang isinya penuh (kagak isi angin), juga merupakan salah satu ciri-ciri yang menonjol.

Selain itu biasanya teh tawarnya gratis, terus dia juga ada semur jengkolnya. Kira-kira itu warga beberapa ciri-ciri nasi uduk Betawi yang enak. Kalo ada yang kurang boleh ditambahin yak warga.

 

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
441

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait