Dokumen-Dokumen yang Harus Diurus Kalo Bapak Udah Resign

Bacaan 2 menit

Udah ada niatan mau resign dari kantor yang sekarang pak? Kalo udah jangan lupa buat ngurus dokumen-dokumen berikut buat keperluan di kantor baru.

Proses administrasi dengan HR

Biasanya kalo bapak udah mantep buat resign karena udah dapet pekerjaan baru yang lebih baik, tim HR bakal nyiapin dokumen-dokumen buat kebutuhan administrasi seperti formulir pengembalian barang (clearance form) untuk laptop, hp, kendaraan, dan lainnya yang dimiliki kantor, penghitungan gaji, tunjangan, dan insentif, serta penyelesaian jobdesk sebelum hari H.

Bukti potong Pph 21

Pas bapak mau resign atau mau pindah ke tempat kerja yang baru biasanya bakal butuh formulir 1721 A1 buat nyesuain nilai pajak. Formulir ini didapet dari HR yang biasanya menghitung bukti potong Pph 21 setiap bulan yang tercantum di slip gaji. Jadi dokumen ini perlu dilamapirkan sebagai bukti kalo bapak udah bayar pajak.

Pemindahan kartu BPJS Ketenagakerjaan

Banyak yang kelewat dibagian ini pak, bapak masih bisa pake BPJS Ketenagakerjaan walopun udah resign atau mengalami PHK. Kalo bapak udah langsung kerja di tempat lain, biasanya bapak tinggal koordinasi aja sama HRD di tempat kerja bapak yang baru buat ngurus pembaruan data-data BPJS-nya. Tapi kalo perusahaan baru bapak gak pake BPJS Ketenagakerjaan, bapak bisa pindah ke BPJS perorangan sama halnya kalo bapak mau alih profesi jadi wirausahawan. Bedanya BPJS Ketenagakerjaan perorangan sama perusahaan cuma dari sistem bayarnya aja yang harus sendiri dilakuin. Beberapa syarat buat ngurus BPJS Ketenagakerjaan sebagai berikut.

  1. Siapkan format surat referensi kerja resmi dari perusahaan lama
  2. Siapkan foto ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar, kartu BPJS terakhir, fotokopi KTP, fotokopi KK, dan fotokopi akta kelahiran dengan membawa dokumen aslinya buat ditunjukkan ke petugas BPJS
  3. Bapak juga harus datang langsung ke kantor BPJS buat ngisi formulir pengubahan data diri dan perusahaan

Gimana pak? Udah siap resign dan ngurus dokumen-dokumen tadi?

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
38

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait