Etika Kalo Bapak Ngantuk Berat di KRL

14 Sep 2022

Bagi bapak-bapak yang baru jadi anker alias anak kereta pasti suka kaget kalau lihat ramenya kereta kayak mau nonton piala dunia. Dari berangkat pagi sampai pulang juga rame dan capeknya bukan main. Makanya nggak jarang kalau ketiduran di kereta. Tidur enggak dilarang di KRL, tapi harus ada etika yang diperhatiin.


Pake Masker Pas Bobok. Apalagi masih pandemi covid. Harus dibiasain pake masker, termasuk ketika mau tidur di KRL. Kan enggak lucu pas ketiduran kagak pake masker besoknya udah radang. Selain itu, pake masker juga bisa menutup bau mulut bapak, apalagi kalo bapak tidurnya niup-niup. Saya pernah ketiduran bangunnya gara-gara bersin, untung pake masker. Selain takut muncrat, takutnya bau juga pak. 


Duduk, Jangan Rebahan. Jadi kalopun kosong tetep tidur sambil duduk aja. Paling enak sih nyender ke tiang jadi leher enggak pegel. Duduknya juga jangan ngelebarin kaki ya pak, kasian orang sebelah, dan juga orang yang berdiri di depan bapak. Kalo tidur rebahan mah enaknya cuma di rumah.


Nyender ke Belakang. Kalo mau tidur usahain nyender ke belakang, jangan ke samping apalagi ke depan. Kalo ke samping pasti bikin orang risih. Kalo ke depan bisa-bisa pas tidur mentok ke perut orang yang berdiri. Lagian ini satu-satunya posisi paling memungkinkan, biar enggak jatuh juga kalau kepala bapak menggantung enggak jelas. Kalo barang-barang bawaan enggak banyak, ada baiknya dipeluk aja. .


Barang Bawaan Dipeluk. Yang satu ini lebih untuk keamanan. Kalau bapak tidur, kemungkinan besar nggak akan sadar kalau barang bawaan ditaro atas. Maling kagak mungkin ngambil barang yang ada di pelukan kita kecuali dia nekat. Kadang kalo baru bangun dari tidur di KRL pas sampe stasiun tujuan, barang yang ditaro di atas bisa ketinggalan saking paniknya. Kalo rame juga enggak memungkinkan buat naro barang bawaan di bawah kaki.


Pasang Alarm. Jangan lupa pasang alarm. Kalo lupa bisa berabe, yang ada malah kelewat nanti stasiun tujuan bapak. Alhasil harus balik lagi. Ini penting banget buat bapak yang kalo tidur kayak beruang pas hibernasi. Tapi alarmnya juga yang normal aja bunyinya. Lalu bagusan pake headset biar yang denger pas bangun cuma bapak doang. Kan kasian kalo orang yang duduk di sebelah bapak jadi kebangun juga, padahal tujuannya masih jauh.


Jangan Ngiler. Sebisa mungkin jangan ngiler. Jadi kotor kalau kena kursinya, apalagi kalau ngiler di pundak orang. Yang ada bisa menimbulkan keributan dan malu juga, pak. Jadi usahain posisi badan ketika tidur itu duduk tegak dengan kepala dalam posisi menunduk. Asal kepala bapak nggak miring aja udah aman harusnya. 


Jangan Ganggu Orang Sebelah. Karena kereta adalah transportasi umum, jadi semua penumpang punya hak yang sama. Kalau bapak tidurnya ngorok, jangan sampe ganggu penumpang sebelah. Karena mereka mungkin lebih capek bekerja daripada bapak. Ya kalau bapak tidurnya lasak, kalo bisa jangan sampe ketiduran, bahaya kan kalo orang sebelah bapak kesel. 


Nah, itu beberapa hal yang bisa diterapkan kalau ngantuk berat di kereta. Tapi lebih baik juga kalau jam tidur sehari-hari cukup. Gimanapun juga pasti lebih nyaman tidur di kamar sendiri dibandingkan tidur di kereta yang gerak terus. Selalu inget ya kalau etika itu nomor 1. Jadi kalo bisa ditahan yang mending tidur di rumah aja ya, pak.

 

Ditulis oleh:
Tiffon
14 Sep 2022
Dilihat :
33

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait