Etika Makan di Food Court yang Perlu Adik Pahami

28 Sep 2022

Adik-adik pasti pernah makan di food court kan. Entah di mall, kampus, atau mungkin di jalan. Nah, kalo di food court tuh biasanya rame apalagi pas jam makan. Tapi entah adik sadar atau engga, pasti ada aja yang bikin kesel di food court. Makanya tingkah-tingkah berikut harus bisa adik jadiin patokan.

Udah Milih Menu. Kalo adik depan kasir, pastiin udah milih menu. Apalagi kalo ngantri, kan bisa sambil mikir-mikir enaknya makan apa. Jangan pas di depannya bingung sendiri. Lebih baik lagi kalo sebelum ngantri udah tau mau makan apa baru ngantri. Selain enggak efisien, bikin orang marah juga dik. Itu yang ngantri pasti laper semua. Bisa-bisa diseruduk sama orang belakang. 


Taruh Piring di tempat yang Disediakan. Ini juga hal-hal yang sering dilupain sama orang-orang. Kalo udah makan, taro di tempat yang udah dikasih sama food court. Kalo ada loh ya. Dengan begitu, yang bagian bersih-bersih juga enggak kewalahan. Yang nyari tempat juga enak kalo duduk enggak ada sisa tulang ayam depan meja. Piringnya jangan adik taruh di bawah kursi kayak orang lagi kondangan.


Jangan Kelamaan Nongkrong. Biasanya lebih sering dilakuin yang muda. Karena  jiwa muda biasanya pada kuat nongkrong lama-lama. Kalo udah tuwir mah boro-boro. Karena food court itu tempat bersama para tenant, jadi jangan kelamaan di situ. Apalagi kalo belinya sekali doang, adik jadi ngehalangin rejeki orang. Kasian orang yang beneran mau makan di food court. Nongkrongnya 5 jam minumnya cuma segelas susu kopi sama roti bakar. Kalo duduk di food court sewajarnya aja ya, dik.


Jangan Berisik dan Ganggu Sekitar. Ini juga adab yang sering dilupain banyak orang. Bukan karena itu tempat rame-rame terus pada bisa berisik. Ya tetap sewajarnya aja. Jangan gosip kekencengan di food court. Selain ganggu orang lain, kasian kalo ada yang kepo terus ceritanya gantung. Udah sering banget nih kejadian di sosmed karena kekencengan ngobrol, orang lain bisa denger.


Balikin Kursi ke Tempatnya. Ini adab yang harus dilakuin kalo makannya pada gerombolan. Meja dan kursi yang adik geser bagusnya dibalikin ke tempatnya. Enggak mungkin kan pelanggan selanjutnya langsung duduk rame dengan jumlah orang yang sama. Apalagi kalo orangnya udah lebih dari 6 kayak mau rapat karang taruna. Sekalian bantuin kerjaan petugas bersih-bersihnya, dik. 


Jangan Nyampah di Sekitarnya. Ini adab yang harus diterapkan meskipun enggak di food court. Harus tetep jaga kebersihan sekitar ya adik-adik. Kalo makannya agak berantakan, pungutin taro di tisu atau taro di piring setelah makan. Buat adik yang udah bisa ngerokok, abunya jangan buang sembarangan. Minta aja asbak di sekitar situ. Soalnya sering banget ketemu puntungan di bawah food court padahal udah disediain tempat sampah buat puntungnya. Lagian nanti tempatnya jadi dekil.

Setiap tempat punya adabnya masing-masing, dik. Jadi di mana pun adik-adik main atau berkegiatan, jangan sampai ngerugiin orang lain ya. Apalagi di tempat makan kayak food court, harus bisa jaga sikap ya, dik. 

 

Ditulis oleh:
Tiffon
28 Sep 2022
Dilihat :
33

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait