Fundamental Travelling, Hal-Hal yang Membuat Jalan-Jalan Berkesan

Bacaan 2 menit

Bapak pernah merhatiin gak, setiap travelling yang berkesan pasti mengandung beberapa hal? Ini pak biar saya jelasin hal-hal yang bikin travelling kita berkesan banget.

Makanan

Ini fundamental pertama, yang sering kali jadi alasan utama kita travelling. Biar dapet experiencenya, bapak bisa riset jauh-jauh hari. Dan usahakan makan kek orang lokal setempat. Misalkan, kalo bapak mau pergi ke Solo, cari makanan yang khas daerah Solo atau yang emang jagoannya di daerah itu. Nanti kerasa beda banget pengalamannya, pak!

Nature

Dari alamnya, lingkungannya dan ambience-nya, ada sesuatu yang menenangkan. Bisa bikin kita refleksi diri, atau bahkan beberapa orang mengalami transendensi ketika melihat keindahan alam. E tapi gak mesti alam sih, kota juga bisa, pasar juga bisa. Pokoknya ketika bapak menyaksikan keindahan yang bener-bener menggugah hati bapak, disitu salah satu esensi dari travelling bapak bisa centang. Check!

Culture

Ini yang sering kelupaan nih, padahal penting juga. Karena kalo kagak, travelling bapak bakalan kek gitu-gitu aja. Monoton rasanya pak. Kagak spesial. Paling gampang biar dapet experience ini, bapak bisa ngobrol sama orang lokal, pergi ke museum, atau perginya dicocokin sama jadwal event yang sarat dengan budaya lokal. Saya berani jamin travelling bapak akan jauh lebih berkesan.

Sama siapa kita Travelling

Ini juga merupakan salah satu fundamental yang kaga kalah penting. Misalkan kalo bapak pergi sama istri dan anak akan lebih berkesan dibanding pergi traveling sendiri. Kecuali kalo emang bapak travelingnya pas ada urusan kerja. Dengan adanya partner traveling, kegiatan yang kita lakuin akan lebih berkesan dan banyak sekali memori yang bakal tercipta. Tapi solo traveling juga bisa kok sebenernya, karena bakal lebih fleksibel.

Jadi kira-kira itu pak hal-hal yang bikin travelling kita berkesan banget. Kalau menurut bapak apakah ada hal lain yang bisa bikin berkesan?

 

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
24

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait