Hal-hal Bermanfaat Yang Bisa Adik Lakukan Kalo Punya Waktu Luang

Bacaan 2 menit

Kalau dipikir-pikir, ternyata kita gak punya banyak waktu . Katakan adik tidur sekitar 7 jam, terus 8 jam adik berada di kantor atau kelas, maka adik punya sisa waktu sekitar 9 jam dalam sehari. Ketika adik punya waktu luang, penting untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. Berikut adalah hal-hal bermanfaat yang bisa adik lakukan kalo punya waktu luang,

Membaca Buku

Kebanyakan orang kagak suka membaca atau merasa cepat bosan ketika dihadapkan dengan bacaan. Ini karena dulu pas kita masih kecil, kita “dipaksa” membaca buku pelajaran yang belum tentu kita minati di sekolah. Tapi, ternyata ketika adik milih buku yang bener-bener adik tertarik dan penasaran, membaca bisa jadi kegiatan yang mengasyikkan. Membaca juga merupakan salah satu cara buat memperluas wawasan adik. Dan ternyata orang-orang yang sukses itu cenderung membaca lebih banyak dibandingkan orang biasa. Rekomendasi saya buat adik yang bingung mau mulai baca darimana, bisa mulai dari Atomic Habits oleh James Clear, Psychology of Money oleh Morgan Housel, The Laws of Human Nature oleh Robert Greene. 

Menekuni Hobi

Waktu senggang yang adik punya juga bisa dimanfaatkan buat nekunin hobi yang adik punya. Karena hobi bisa bikin adik bisa rileks dan memberikan kepuasan pada diri adik. Mau hobi touring, mancing, ewer-ewer aspal selama adik suka, kerjain aja, dik. Hobi juga bisa jadi sarana buat mengekspresikan kreatifitas adik dan mengurangi stress. Syukur-syukur kalo hobi adik bisa menghasilkan. Keren sekali kamu, Heru!

Olahraga

Olahraga ini powerful sekali, dik. Karena dengan berolahraga badan dan pikiran adik ikut merasakan manfaatnya. Karena dengan berolahraga juga bisa meningkatkan kinerja otak adik, yang nantinya bikin mood adik jadi stabil. Selain itu bisa ngurangin depresi dan anxiety, dan ngebantu adik disconnect dari stimuli eksternal, jadinya ngasih pikiran adik buat beristirahat dan memproses informasi lebih baik. Biar ga memberatkan adik, jalan kaki aja, dik. Karena dengan adik berjalan kaki aja udah bisa memberikan manfaat buat adik. 

Bikin plans dan goals

Kurangnya tujuan dalam hidup adik bisa menimbulkan rasa bosan. Dengan adik merencanakan goals dalam hidup adik, bisa memberikan adik sense of purpose dan motivasi. Gunakan waktu luang adik untuk bikin goals dan bikin rencana buat mencapai goals tersebut. Dengan adik menulis rencana adik, lebih besar kemungkinannya buat adik ngikutin secara teratur rencana adik dan jadi reminder visual.

Volunteering

Membantu orang lain adalah salah satu cara membuat waktu senggang adik menjadi bermanfaat. Dengan ikut volunteer, adik bisa ketemu orang baru dan mengembangkan skills baru. Volunteering juga bisa memberikan adik sense of purpose.

Belajar skill baru

Kalo waktu senggang adik banyak, adik bisa belajar skill baru yang adik minati. Selain seru, ini bisa menguntungkan buat adik. Karena dengan belajar skill baru, pikiran adik akan terus aktif, ibaratnya olahraga buat pikiran. Selain itu juga, bisa memberikan adik peluang baru. Adik bisa milih sesuatu yang adik pengen banget pelajarin. Bisa belajar masak, coding, bikin konten, fotografi, banyak dah. Dengan memanfaatkan waktu luang adik buat belajar skill baru, adik bisa meningkatkan produktifitas, apalagi kalo adik jadiin ini rutinitas sehari-hari. Adik bakal ngerasain keuntungannya dalam jangka panjang.

Sebenernya menggunakan waktu luang untuk berekreasi juga gamasalah, dik. Cuman biasanya hal-hal ini adiktif dan sifatnya sementara. Dan saya bisa bilang gini, karena udah ngalamin. Jadi kalo adik punya waktu luang, baiknya digunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. Semoga bermanfaat ya, dik!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
40

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait