Hal-Hal yang Jadi Penyebab Kenapa Adik Memilih untuk Belum Menikah

Bacaan 1 menit

Baru-baru ini ada data dari Badan Pusat Statistik 2024 melaporkan kalo angka pernikahan di Indonesia turun sekitar 2 juta. Angka ini jadi angka terkecil di diantara tahun-tahun sebelumnya yang memang turun juga dari tahun ke tahun. Beberapa penyebab berikut bisa jadi pernah atau sedang dialami adik saat ini.

Financial

Di zaman serba mahal kayak sekarang, banyak orang milih buat prioritasin hal-hal yang emang urgent lebih dulu. Apalagi sekarang banyak banget yang jadi sandwitch generation dan bikin keuangan gak stabil. Orang yang belum menikah biasanya milih buat bikin stabil keuangannya lebih dulu baru memutuskan menikah saat semuanya udah dirasa aman, melihat banyak juga kasus perceraian yang datang dari masalah ekonomi.

Mental yang belum siap

Buat orang-orang yang belum menikah biasanya pernikahan jadi momok yang menakutkan. Keadaan mental yang dipunya juga jadi salah satu faktornya. Beberapa orang masih ingin menjalani masa-masa sendirinya dengan jalan-jalan kemana pun yang mereka mau, kumpul bareng temen-temen, dan lainnya. Buat masuk ke dunia pernikahan rasanya belum siap karena hal-hal tersebut mungkin bisa direnggut dari mereka. Apalagi mereka harus lebih mengutamakan keluarga nantinya.

Trauma

Pengalaman yang kurang baik juga banyak mempengaruhi orang-orang yang belum mau menikah. Perasaan sakit hati yang pernah diterima dan pengalaman buruk dari orang-orang disekitarnya soal menjalin hubungan bisa jadi trauma yang berat. Kalo udah begini emang ada baiknya untuk konsultasi ke dokter spesialis supaya trauma tersebut bisa hilang.

Hal-hal yang adik takutkan tadi memang penting untuk jadi pertimbangan, tapi kalo adik udah punya seseorang yang memang sesuai, mau berjuang sama-sama, dan mau menerima adik gak ada salahnya buat masuk ke jenjang yang lebih serius.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 1 menit
Dilihat :
167

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait