Hal-Hal yang Mesti Ada di Rumah Untuk Keadaan Genting

Bacaan 2 menit

Rumah kan harusnya jadi tempat nyaman dan aman ya, makanya isi rumah bukan cuma harus ada furniture doang tapi peralatan buat keselamatan juga. Beberapa hal ini mesti ada di rumah buat keadaan genting.

APAR 3 Kg

Buat di rumah, sebaiknya bapak pake APAR yang jenis powder karena bisa ngelawan jenis kebakaran dengan kategori yang luas. Untuk yang 3 kg, harga APAR powder sekitar 170-200 ribuan doang, pak. Takutnya nanti APAR-nya udah bapak pegang tapi apinya bapak tiupin pake mulut.

Termometer

Buat bapak, anak, atau istri yang lagi gak enak badan, suhu tubuh normal itu 36-37 derajat celcius, pak. Kalo suhu tubuh bapak di atas 38 derajat celcius, bapak udah masuk kategori demam tinggi, sebaiknya langsung ke dokter aja, pak.

Pisau Swiss Army

Ada 15 alat di dalem satu pisau Swiss Army, pak. Pisau gede, pisau kecil, obeng, gunting, tang, gergaji sampe tusuk gigi. Versi yang lebih banyak alatnya juga ada, tapi bapak beli yang paling basic juga udah cukup untuk keadaan emergency. Harganya untuk yang besic sekitar 200 ribuan aja, pak.

Senter Taktikal

Beli yang kekuatannya di atas 300 lumens. Kagak mahal kok pak, 200 ribu juga udah dapet yang bagus. Selain untuk penerangan kalo ada keadaan genting di suasana gelap gulita, senter ini bisa bapak pake buat bela diri. Karena terang bener, bapak bisa bikin orang jahat buta sesaat kalo diarahin ke matanya, jadi ngasih waktu untuk bapak dan keluarga menjauh ke tempat yang aman.

Kotak P3K (dan isinya)

Isinya yang penting harus ada kasa steril, perban, plester, plester cepat, kapas, kain segitiga, alkohol, peniti, gunting, aquades, pinset, dan daftar isi kotak P3K. Sama antiseptik buat luka macem Betadine Antiseptic atau Betadine Ointment/Salep. Biar bapak bisa ngasih pertolongan pertama kalo ada luka, biar kagak infeksi.

Powerbank

Dalam keadaan darurat dan gak ada sumber listrik, powerbank ngasih bapak kesempatan untuk ngecas barang-barang elektronik, terutama handphone. Mungkin bakal cari bantuan atau telepon kerabat terdekat untuk ngasih kabar bapak. Bentuknya juga kompak jadi kagak ngeberatin bapak, tapi manfaatnya gede.

Obat-obatan

Obat-obatan pereda nyeri dan demam macem Paracetamol, Ibuprofen, atau Aspirin, obat-obatan Antihistamin untuk alergi dan obat-obatan khusus untuk bapak juga keluarga yang punya kondisi medis tertentu. Misalnya obat maag, "Hah? Obama?" Nah, itu contoh kasus kalo bapak perlu obat khusus dari dokter THT.

Beberapa hal tadi coba mulai disediain buat di rumah pak, soalnya kepake bener kalo lagi keadaan genting. Jadi bapak gak bingung dan lebih gerak cepet juga karena udah tersedia juga di rumah.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
41

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait