Hal-Hal yang Perlu Bapak Pertimbangan Sebelum Beli Barang Baru

Bacaan 2 menit

Kata siapa yang hobi belanja2 cuma ibu2 aja? Ngaku Pak, sebenernya Bapak juga hobi belanja ini itu, ya kan? Dari mulai mainan cere2 dengan alasan buat anak sampe barang gede kaya lemari atau bahkan otomotif.

Nah, sebelum Bapak beneran beli barang2 tersebut, coba deh Bapak pertimbangin beberapa hal berikut ini:

 

1. Ukuran barang dan space penyimpanannya. Mau barang kecil, barang gede, atau bahkan otomotif pan perlu disimpen ya, Pak. Nah, sebelum beli, kudunya Bapak cek dulu mau disimpen di mana. Bisa apa kagak itu tempat nampung barang yang mau Bapak beli.

Kalo misal Bapak mau beli perintilan kecil2 buat pajangan, mau dipajang di mana? Kalo Bapak mau beli air fryer, udah ada space-nya belon di dapur? Apalagi kalo Bapak pengen beli mobil atau motor baru, ada garasi gak, Pak? Atau garasinya muat gak, Pak?

Jangan sampe Bapak kadung beli, eh malah ga ada tempat buat naronya. Yang ada rumah malah keliatan makin penuh, trus istri Bapak marah2 deh. Kan amsyong, Pak.

 

2. Pembelian lain yang mungkin mengikuti. Sebagian besar barang yang dibeli pasti punya pembelian lain yang kudu Bapak ikutin. Sesimpel Bapak beli HP baru, pan mau gak mau Bapak kudu beli casing baru yak.

Kalo barang yang lebih gede, pembelian lain yang ngikutin  juga bakal lebih gede. Misal Bapak mau beli mobil baru, nih. Pan mau gak mau kudu bayar biaya perawatan, pajak, terus juga mesti keluar biaya buat bensin, tol, jalan2, dsb.

Nah, ini juga perlu dipertimbangkan, Pak. Apalagi kalo alokasi dananya ngepas. Biar nantinya gak malah jadi minus cashflow keuangannya.

 

3. Perawatannya. Gak cuma barang2 gede yang perawatannya kudu dipikirin. Barang2 kecil juga mesti dipikirin perawatannya gimana. Apalagi kalo Bapak hobi beli barang pajangan. 

Soalnya, semakin banyak barang, bakal semakin banyak juga debu yang numpuk. Akhirnya, waktu ngebersihinnya juga bakal makin lama. Berlaku juga buat barang2 hiasan kek lampu gantung atau ornamen2 lain di rumah. 

 

4. Fungsi dan pemakaiannya. Terakhir, pertimbangkan juga fungsi dan pemakaiannya. Kaya bakal sesering apa itu barang dipakai atau apakah fungsinya bisa diganti sama barang lain?

Misalnya, Bapak pengen punya kolam renang, tapi keluarga Bapak jarang banget berenang. Udah gitu deket rumah Bapak masih ada kolam renang yang bisa dikunjungi dan bersih.

Pan daripada bikin kolam sendiri, mendingan dateng ke kolam kalo lagi pengen aja, ya Pak? Udah lebih hemat, Bapak juga gak perlu repot ngebersihin kolamnya saban waktu.

 

Selain 4 itu, ada lagi gak ya, Pak yang kudu dipikirin sebelum beli barang baru?

Ditulis oleh:
Runa Aviena
Bacaan 2 menit
Dilihat :
300

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait