Hal-Hal yang Perlu Dibicarain Sama Istri Sebelum Punya Anak

03 Jun 2022

1. Biaya, mulai dari hamil sampe sekolah

Dari pengalaman saya, biaya lahiran di RS swasta Jabodetabek itu mulai dari 5 jutaan buat lahiran normal, kalo sesar mulai dari 10 jutaan . Kalo dari kantor bapak udah dapet fasilitas asuransi, mungkin bisa legaan dikit. Tinggal mikir biaya sekolah aja nih yang gak bisa diharepin dari kantor. Masuk TK sekarang minimal 2 jutaan, pak. Bahkan daftar Bimba itu aja juga udah sejutaan, SPP 500ribu. Kalo gak diomongin dari awal kadang bisa jadi biang kerok masalah-masalah rumah tangga lain. 


2. Proses melahirkan

Walopun kedengerannya sepele, proses lahiran kudu diobrolin sama istri ya pak. Mau sesar apa normal. Dari awal, saya selalu cari tau info-info lahiran di RS maupun bidan. Kalo saya dulu emang dari awal sama istri sepakat mau usahain lahiran normal dulu, lebih murah pak. Tapi, ini bukan berarti saya gak ngedukung kalo istri lahiran sesar. Apapun proses lahirannya bapak wajib mendukung, itu salah satu bentuk support kita sebagai bapak yang gak ikut ngerasain sakitnya ngelahirin bayi. 


3. Pola asuh atau gaya parenting

Saya termasuk orang yang percaya kalo tumbuh kembang anak ditentuin banget sama gaya parenting orang tuanya. Makanya, dari sebelum punya anak, bapak bisa ajak istri buat ngobrol “kalo anak tantrum, harus gimana?” atau “kalo anak kena bully, apa yang harus dilakuin” atau “kalo milih sekolah anak, mau yang basic-nya agama atau internasional?”. Bikin kesepakatan soal gaya parenting sama istri, ngehindarin konflik ke depannya. Kalo ada yang setuju dan gak setuju, menghindari anak bingung pada saat ibu dan bapak gak sejalan.


4. Proses menyusui

Ngeliat sendiri proses istri nyusuin sampe dua tahun itu nggak gampang lho pak. Ada hari di mana istri saya nangis-nangis karena lecet, ASInya mampet, ama anaknya tetiba mogok nyusuin. Bapak harus ngobrol saat gak bisa ASI karena masalah diluar kontrol kita mau dikasih sufor apa gak? Mau pake dot gak? Buat mitigasi resiko terburuk.


5. Kesehatan anak

Kalo soal ini emang sedikit banyak nanti ada hubungannya sama biaya yang perlu disiapin. Makanya perlu disiapin tabungannya. Mau pake asuransi apa gak itu semua juga perlu diobrolin. Pengobatannya gimana, atau vaksin apa aja yang mau dikasih ke anak. Sekalian juga, saya nyambungin ke obrolan kalo bapak sama istri sama-sama kerja, pas anak sakit, kira-kira kantor siapa yang gampang buat kasih izin pulang duluan.

 

Ditulis oleh:
Nyinya
03 Jun 2022
Dilihat :
29

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait