Ide Main sama Anak Umur 1 Tahunan

03 Jun 2022

Biar bisa deket sama anak-anak, saya selalu nyempetin buat main sama mereka. Tapi kadang emang buntu banget pak mau main apa kalo sama anak-anak. Mau diajak main PS kok ya masih setahun. Nah, 5 ide ini siapa tau bisa mencerahkan jalan bapak yang sama-sama buntu mau main apa kalo lagi sama anak. 


1. Sortir warna pakai pom pom

Pom pom bisa dibeli di toko alat tulis, pak. Sekalian ajakin deh anaknya jalan-jalan ke toko alat tulis. Nah, pom pom kan macem-macem warnanya, bapak bisa siapin 3 mangkok atau wadah apa aja. Trus minta si anak buat pisahin satu wadah buat satu warna pom pom. Santuy banget mainan kek begini pak, kalo kagak punya mangkok ya gabrukin aja di lantai. Kalo kagak ada pom pom juga bisa pake kancing, stik warna-warni, atau mainan dia yang warnanya merah, kuning, ijo.


2. Melatih sensori pake es batu

Ini mah andalan saya kalo lagi kagak tau mau main apa sama anak-anak. Tinggal ambil aja es batu dari kulkas, masukin di baskom, suruh pegang-pegang deh anaknya. Sepele bener sih ini, tapi manfaatnya warbiyasak! Suhu dingin es batu bisa ngerangsang saraf sensorik anak pak. Paling jadi PR dikit kalo aernya pada nyiprat atau tumpah ke lantai. 


3. Playdough

Salut banget kalo ngeliat istri saya rajin bener bikin DIY playdough dari tepung. Kalo saya mah tinggal beliin aja deh di toko mainan. Tapi pastiin beli playdough yang aman buat anak-anak ya pak. Anak-anak pasti anteng dah bejek-bejekin playdough. 


4. Masukin koin ke celengan

Buat ngelatih koordinasi mata sama tangan, bapak bisa kasih anak-anak mainan celengan pak. Gak mesti koin kok yang dimasukin. Bisa kancing, atau stik es krim. Semuanya bisa dibeli di mana? Yak, tentu saja toko alat tulis pak. Surga dunia bener itu kalo mau beliin bahan mainan anak-anak umur setahunan. 


5. Meronce pake tisu toilet

Gak usah bayangin kalo meronce kek kegiatan oma-oma di hari minggu pagi ya pak. Meronce di sini lebih pengen ngajarin anak-anak buat sabar. Saya demen mulainya pake gulungan bekas tisu toilet. Kan gede-gede tuh, tinggal kasih tali aja. Suruh anak buat masukin tali ke lobang gulungan tisu.

 

Ditulis oleh:
Nyinya
03 Jun 2022
Dilihat :
34

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait