Ide Usaha yang Cocok Buat Nanti Bapak Pensiun

17 Oct 2022

Jadi ceritanya kemarin tuh saya abis beli telor di mbah-mbah keliling komplek saya. Mbahnya udah sepuh banget. Jual telur keliling naik sepeda. Anak-anaknya juga udah pada gede dan udah pada nggak perlu dinafkahin. Tapi mbahnya masih semangat jualan telur buat kebutuhan hidup biar gak ngerepotin anak dan tetep bisa nafkahin istrinya. Hati saya langsung nyess rasanya.

Terus jadi mikir deh saya. Ntar pas tua saya gimana ya? Masa mau ngandelin tabungan pensiunan doang? Apa ya cukup? Apa enggak kena inflasi nominalnya? Terus masa mau ngerepotin anak? Wadududuh.. Akhirnya saya mikir nih kira-kira kerjaan apa yang bisa dilakuin pas tua nanti tapi yang gak terlalu hustling. Capek juga soalnya kalo udah tua disuruh mikir keras. Jadinya pilihan usahanya ada beberapa nih:

  1. Kos-Kosan
    Usaha kos-kosan nih emang paling menjanjikan sih pak. Soalnya semua manusia tuh pasti selalu butuh tempat tinggal. Kebetulan orang tua saya tuh ada kos-kosan buat pendapatan hari tua pas udah pensiun nanti. Cuma ada 10 kamar aja udah bisa cover kebutuhan makan plus jajan buat 4 orang sebulan. Padahal kamarnya sederhana banget dan nggak ekstra banget kayak kos-kosan jaman sekarang. Mana kamar kosnya enggak pernah kosong pula.

    Tapi cons nya usaha kos-kosan nih modal yang dikeluarin cukup gede pak. Soalnya kan bikin bangunan baru dan isi beberapa perlengkapan yang dibutuhin kayak kasur sama lemari. Saran saya kalo bapak pengen punya pendapatan hari tua dari kos-kosan, bapak nyicil bangunnya dari jaman bapak belum pensiun. Terus pastikan juga fasilitas kos-kosannya memadai. Minimal kamar mandi sama listrik dan air yang bersih gitu pak. Sama yang paling penting keamanan area kos. Kalo yang saya pelajari dari orang tua saya, bangun kos-kosan tuh jangan muluk-muluk. Makin muluk-muluk makin lama balik modalnya. Nah ini bisa jadi disclaimer juga buat yang mau usaha kos-kosan soalnya balik modal usaha kosan tuh cukup lama. Jadi kudu pinter atur keuangannya.

  2. Warkop
    Buka warkop juga cukup menjanjikan apalagi kalo bapak tinggal di area yang padat pekerja. Soalnya manusia pasti butuh makan. Jualannya ya menu-menu warkop biasa kayak kopi, gorengan, indomie gitu pak. Apalagi kalo ditambah ada wifinya. Duh mantep tuh pak. Warkop deket rumah orang tua saya tuh buka jam 9 pagi sampe jam 1 pagi enggak pernah sepi pak. Buruh pabrik yang kerjanya shift semua nongkrong di situ soalnya. Iseng nanya ke yang punya warkop, pendapatan per hari paling sedikit 3 juta.

    Tapi gak enaknya punya warkop nih bapak kudu stand by jaga warkop terus. Liburan pun juga kudu buka. Terus bapak kudu biasa sama asap rokok soalnya kebanyakan orang nongkrong di warkop ya sambil ngerokok. Bisa berdampak ke kesehatan juga apalagi kalo bapak kurang istirahat.

  3. Kontrakan Rumah
    Selain kos-kosan, kontrakan rumah tuh juga sering banget dicari pak. Apalagi kan harga rumah semakin mahal tiap tahunnya. Anak muda jaman sekarang juga makin susah beli rumah. Jadi kontrakan adalah solusinya. Kalo bapak punya rezeki lebih, bapak bisa beli rumah dengan harga murah terus dikontrakin. Tapi yang kaya gini ini balik modalnya cukup lama pak. Kalo bapak cuma butuh pemasukan biasa buat hari tua, kayaknya cukup-cukup aja kok pak usaha kontrakan.

  4. Rental Mobil Mewah
    Saya baru tau belakangan ini kalo sewa mobil mewah tuh banyak juga yang nyari. Terutama buat acara-acara kayak wedding atau acara penting lainnya gitu pak. Nah kalo bapak mau bikin jasa rental mobil mewah, saya saranin pilih mobil yang emang sering dipakai buat acara penting kayak Alphard misalnya. Terus sekalian sediain sopirnya juga yang pake jas rapi gitu pak biar ada kesan exquisite nya.

  5. Ghost Kitchen
    Karena sekarang tuh beli makan online udah gampang banget, buka ghost kitchen juga bisa jadi solusi nih pak. Kagak perlu punya lokasi buat bikin kedai. Usaha rumahan aja cukup buat jadi ghost kitchen. Apalagi kalo bapak sama istri hobi masak yang unik-unik. Pastiin kemasan dan pemrosesan makanan selalu higienis ya pak biar pelanggan seneng dan mau beli terus.

Jadi udah kepikiran belum pak gimana ntar hari tua? Ngandelin tabungan aja kayaknya gak cukup sih pak. Tapi bukan berarti bapak jadi nggak nabung ya. Tetep nabung juga buat jaga-jaga di hari tua nanti.

Ditulis oleh:
Girly
17 Oct 2022
Dilihat :
99

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait