Kapan Sebaiknya Adik Mengganti Circle Pertemanan

Bacaan 2 menit

Makin bertambah usia umumnya teman yang adik punya jadi semakin sedikit. Ada yang sibuk sama kegiatannya, hidup barunya, sampai ganti circle pertemanan yang dia punya. Hal yang begini wajar aja, gak apa-apa selama gak nimbulin musuh-musuh baru di hidup adik. Adik juga bisa ngelakuin hal yang sama kalo udah nemu tanda-tanda ini.

Saat adik gak bisa lagi bebas mengekspresikan hal yang adik mau

Dik, pernah ketemu gak sama temen yang apa-apa suka banget ngatur-ngatur hidup adik. Kayak apa pun yang adik lakuin harus dengan persetujuan atau arahan dia. Emang agak aneh sih tapi ada aja orang yang kayak begini dan udah pasti sangat mengganggu. Adik yang tadinya mau ngelakuin A malah temen adik yang ribut dan ribet sendiri buat maksain adik ngelakuin B padahal bukan hal negatif juga apa yang mau adik lakuin itu. Kalo udah begini gak apa-apa banget buat ganti circle pertemanan yang adik punya.

Teman adik mulai mengajak ke hal-hal buruk dengan cara yang manipulatif

Dalam mencari pertemanan wajib banget buat adik pilih-pilih. Bukan dari kemampuan, fisik, atau kelakuannya aja tapi juga sifat mereka. Karena kalo sampe salah milih temen adik bisa aja kejerumus ke hal-hal buruk, apalagi kalo temen-temen adik tersebut sangat jago dalam komunikasi yang bisa memanipulasi adik supaya mau lakuin hal buruk sesuai yang mereka mau. Ganti sekarang dik mumpung belom jauh.

Saat adik udah gak sefrekuensi sama mereka

Namanya manusia pasti beda kepala beda juga pemikirannya. Kalo adik ngerasa dulu temen adik masih sefrekuensi dalam hal humor, obrolan, toleransi, atau lainnya dan sekarang udah berubah, gak apa-apa kalo adik mau ganti circle pertemanan adik. Karena kadang ngadepin orang yang udah gak sefrekuensi lebih capek, adik jadi gak bisa jadi diri sendiri lagi.

Saat adik butuh insight baru dari orang lain

Ganti circle pertemanan bukan berarti adik bener-bener lupa sama temen adik sebelumnya. Bisa jadi adik memang butuh insight baru yang bisa bikin adik makin berkembang dan tumbuh jadi lebih baik. Gak perlu ngerasa gak enak sama temen-temen lama adik, kalo mereka paham pasti bakal ngerti kenapa adik ganti circle pertemanan. Lagian adik juga masih bisa kumpul sama temen-temen lama kalo ada waktunya.

Karena temen punya pengaruh yang cukup banyak di kehidupan adik, pastikan adik pilih orang-orang yang memang kasih dampak positif dan bikin adik jadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
102

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait