Kebaikan Kecil yang Mudah Buat Bapak Lakuin Tapi Artinya Besar Buat Orang Lain

Bacaan 3 menit

Kita manusia sebagai makhluk sosial pasti tidak akan luput dari komunikasi dan interaksi dengan orang lain. Tentunya kita semua ingin menjadi orang yang disukai banyak orang mulai dari keluarga, rekan kerja sejawat, tetangga, dan lain-lain. Agar bapak bisa jadi pribadi yang disukai, bapak harus bisa memberikan manfaat buat orang lain. Gausah bingung, pak. Kebaikan kecil pun bisa memberikan manfaat yang besar untuk orang lain. Ini biar saya kasih tau kebaikan kecil yang mudah buat bapak lakuin tapi artinya besar buat orang lain.

Menyingkirkan Paku atau Benda Berbahaya Lainnya dari Jalan

Hampir semua bapak-bapak yang membaca artikel ini, pernah ngalamin ban bocor, atau bahkan parahnya kaki ketancep paku. Kalo bisa pak, ketika di jalan bapak melihat paku atau benda berbahaya lainnya, macem potekan dahan kering yang ngalangin jalan, bapak bisa langsung singkirin dari jalan. Kebaikan yang bapak lakukan akan membuat bapak menjadi pribadi yang lebih baik dan pasti dapet pahala.

Membukakan Pintu Buat Orang Lain

Hal kecil yang mudah buat bapak lakuin ini akan membuat bapak lebih terhormat. Dan juga gestur ini akan membuat bapak mudah diingat di beberapa lingkungan tertentu seperti kantor. “Oh itu Pak Nuang yang suka bukain pintu buat sayah” ucap Dayat Portal. Bapak akan diingat sampai tua dan ngebuat orang lain lebih hormat sama bapak.

Menanyakan Kabar dan Benar-Benar Menyimak dengan Baik Jawabannya

Kita sering menanyakan kabar cuman buat sekedar basa-basi. Coba bapak tanya kabar pak security kantor, tanya kabar keluarganya, anaknya dan simak jawabannya. Hal ini bikin bapak lebih berkualitas dari banyak sisi. Dan sudah jelas integritas bapak akan sangat tinggi. Selain itu bapak security akan selalu mengigat bapak dan mendoakan yang baik untuk bapak.

Mengucapkan Tolong, Terima Kasih dan Minta Maaf di saat yang tepat dengan Kesungguhan

Ini berlaku untuk semua kalangan, meskipun bawahan bapak. Dan kalo bisa juga pak, jangan maaf untuk minta tolong seperti “Maaf Yat, tolong ambilin henpon saya di meja”. Salah tempat ini bisa mengurangi mutu dari kata tersebut, sehingga disaat bapak minta maaf, bapak dianggap sebagai orang yang memang gampang mengucap kata maaf. Jangan lupa, ucapkan dengan sungguh-sungguh dari hati ketiga kata tersebut. Akan ada transfer energi yang kerasa kok, pak.

Membuang Sampah Bekas Makan Bapak Sendiri di Restoran Cepat Saji

Pegawai restoran akan lebih ringan kerjanya jika bapak melakukan hal ini. Dan hal ini dampaknya sangat besar loh, pak. Misal semua orang kayak bapak, pasti para karyawan restonya akan punya waktu lebih banyak, sehingga kinerja di bagian utamanya akan lebih baik, kinerjanya baik pasti gajinya juga naik, kalo gajinya naik dia dan keluarganya jadi lebih bahagia. Bener-bener hal kecil yang mudah buat bapak lakuin tapi artinya besar untuk orang lain.

Menyebut Nama Lawan Bicara ketika Menyapa

Semua orang senang kalo namanya diingat, pak. Dengan menyebut nama disaat bapak menyapa orang akan membuat orang tersebut lebih senang. Misal, “Selamat pagi, Mas Dayat, apa kabar?” atau contoh lainnya ketika bapak mesen Gopud, terus pas nerima makanan/minuman dari driver bapak bilang “Makasih ya Mas Fulan.” Hal-hal kecil kaya gini yang bakal ngebuat bapak berbeda dari orang-orang yang biasanya tidak terlalu peduli dengan eksistensi seseorang.

Memang hal-hal diatas seringkali kelewat atau bahkan belum semua orang melakukan itu. Tapi kebaikan kecil yang mudah bapak lakuin tapi artinya besar untuk orang lain di atas bisa banget bapak praktekin buat sehari-hari. Selain orang lain senang, hati bapak juga ikut senang karena liat orang lain senang.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
78

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait