Kebiasaan Anak yang Sebaiknya Diajarin dari Kecil

Bacaan 2 menit

Beberapa perilaku anak emang kudu dibiasain dari kecil. Kalo dari kecil udah biasa ntar gede pasti anaknya udah ngerti kalo kebiasaan-kebiasaan baik itu kudu diterapin. Paling gampang emang ngajarinnya dari kecil soalnya anak kan masih polos ya. Jadi ajarin deh yang baik-baik biar tumbuh punya kebiasaan baik juga.


Kalo bapak bingung kudu ngajarin darimana, ini nih daftar kebiasaan sederhana yang bisa bapak ajarin ke anak dari kecil. 

  1. Sopan Sama yang Lebih Tua dan Menghargai yang Lebih Muda
    Sopan sama yang lebih tua nih jenis sopan santun dasar yang semua orang kudu ngerti. Terutama buat anak, yang kayak gini kudu dibiasain sejak kecil. Bapak bisa biasain dari hal yang sederhana dulu. Kalo di rumah saya, karena saya dari keluarga jawa, saya ajarin anak saya ngomong pake bahasa jawa ke orang yang lebih tua. Ini termasuk cara menghormati orang yang lebih tua di keluarga Jawa soalnya. Untuk lawan bicara yang lebih muda juga anak harus diajarin untuk menghargai, pak. Misalkan, mengalah dengan teman bermain yang lebih muda dan berbagi makanan yang dipunya. Kalo dari kecil sudah terbiasa dengan hal-hal tersebut, nantinya ketika sudah dewasa anak akan mempunyai sifat yang dermawan.

    Nah bapak bisa coba ajarin kebiasaan yang gampang dan sesuai usianya juga nih pak. Contoh sederhana mungkin nggak ngomong kasar sama orang yang lebih tua atau biasakan senyum kalo ketemu tetangga yang lebih tua. Hal-hal sederhana dan sekiranya gampang dilakuin sesuai usia anak deh pak.

  2. Belajar Ngerjain Kerjaan Rumah Baik Cewek Maupun Cowok
    Ini salah satu pelajaran bertahan hidup yang bisa bapak ajarin sejak dini. Ngajarin anak masak, ngepel, bahkan nyuci baju tuh penting buat masa depan mereka nanti. Terus jangan batasi mana aktivitas cowok dan mana aktivitas cewek. Mau cowok atau cewek ya kudu diajarin hal yang sama. Biar ntar pas gede minimal bisa bertahan hidup sendiri dan enggak ngerepotin orang lain. Workloadnya juga disesuaikan ya, pak. Sesuai usia anak Bapak. Nanti lama-lama juga berkembang sendiri kok pak skill si anak. Terus diasah aja.
  3. Minta Izin Kalo Mau Pake Barang Orang Lain
    Kata “pinjam” dan konsep minjem barang tuh saya ajarin ke anak saya dari sejak dini. Soalnya biar terbiasa dia enggak ngerebut barang orang lain atau ngambil barang yang bukan punya dia. Jadi kalo mau pake barang bapaknya atau ibunya, dia kudu izin dulu. Minimal bilang “pinjam” gitu.

  4. Mau Mengakui Kesalahan dan Berani Meminta Maaf
    Saya punya tips jitu buat ngajarin anak ngaku salah dan minta maaf. Caranya ya orang tuanya kudu melakukan hal yang sama ke anak, yaitu ngaku salah dan minta maaf kalo berbuat salah ke anak.

    Biasanya kalo lagi main sama anak dan saya enggak sengaja nyenggol atau mukul anak gitu saya bilang ke dia “maaf ya. Tadi aku tidak sengaja mukul” gitu terus tiap kejadian kagak disengaja. Sekarang anaknya jadi niru bilang “sorry” kalo enggak sengaja mukul. Ya gemes dan kasihan soalnya enggak perlu juga sebenernya dia minta maaf. Tapi lega juga sih soalnya anaknya jadi belajar konsep meminta maaf.

    Itu kebiasaan baik sederhana yang bisa diajarin ke anak sejak dini ya, pak. Bapak juga sesuaikan aja sama keluarga bapak dan anaknya gimana. Kebiasaan baik yang diajarkan sejak dini tuh bakal teringat sampe dia gede dan dampak baiknya juga anak yang ngerasain nanti.

     

Ditulis oleh:
Girly
Bacaan 2 menit
Dilihat :
506

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait