Kebiasaan-kebiasaan Buruk Lainnya Yang Adik Harus Hindari

Bacaan 3 menit

Kita sebagai manusia memang ga luput dari yang namanya kebiasaan buruk. Tapi dengan usaha dan konsistensi semua itu bisa dirubah dan kita bisa jadi pribadi yang lebih baik. Semakin cepat adik mengetahui dan menjauhi kebiasaan buruk, semakin baik adik dalam segi pekerjaan, kehidupan, dan relationship. Ini kebiasaan-kebiasaan buruk yang harus adik hindari,

Nunggu Timing yang tepat

Atuhlah dik. Kaga ada yang namanya waktu yang tepat! Kalo ada pilihan antara nanti dan sekarang, lebih baik pilih sekarang (saat ini)

Kalo adik udah memutuskan untuk mulai olahraga, yaudah langsung kerjain dik, jangan banyak beralasan. Kaga usah nunggu ina inu, kaga ada waktunya lah, belom daftar gym lah. Kalo emang niat semuanya bisa dikerjain, dik. Bahkan saat ini juga.


Do not wait: the time will never be ‘just right’. Start where you stand, and work with whatever tools you may have at your command and better tools will be found as you go along.”― Napoleon Hill.

Mantap sekali, pak Napoleon.

Main HP pas mau tidur

Dik tau gak sih kalo adik make  smartphone, laptop, tablet sebelum tidur bisa bikin jam tidur adik terganggu. Blue light dengan panjang gelombang pendek yang dipancarkan dari devices adik ini bisa bikin produksi melatonin, si hormon pemicu tidur terhambat. Jadinya Adik tetap terjaga hingga larut malam dan itu bisa ganggu ritme sirkadian adik. Dalam jangka panjangnya, hal ini bisa menyebabkan insomnia. Ujung-ujungnya adik jadi ngantuk di pagi hari dapat mengganggu produktivitas adik di pagi hari.

Solusi mudahnya adalah kalo bisa adik nyelesaiin semua urusan yang melibatkan device kek laptop, HP sama tablet seengganya satu jam sebelum tidur dan matiin notifikasi, biar tidur adik kaga keganggu.

Kaga bisa bilang engga

Ini ga bosen-bosennya saya bilangin ya, kalo adik jadi “YES MAN”, adik akan berakhir dengan stres dan rasa tidak bahagia. Kok bisa sih adik bilang “iya” untuk semuanya? Adik harus ingat dengan prioritas adik sendiri. Dengan berani bilang “TIDAK”  dijamin hidup adik akan lebih bahagia.

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Pernah gak adik merasa senang pas membandingkan karier, penampilan, pasangan, gaji, kondisi finansial adik dengan orang lain? Atuhlah dik, udah jelas kalo ngebandingin sama orang lain yang adik dapet cuman rasa iri dan frustrasi. Kalo adik mendapatkan rasa senang dan kepuasan dari pekerjaan adik, maka adik berada di jalur yang benar. Adik harus ingat, setiap orang memiliki kisah unik yang sangat seru untuk dijalani. Termasuk adik sendiri. Kalopun harus membandingkan diri, lebih baik adik bandingkan diri adik yang sekarang dengan diri adik yang ada di masa lampau. Contoh, dulu saya kaga bisa ngurus administrasi perpanjang SIM atau lapor pajak, sekarang saya bisa sendiri. Itu udah termasuk achievement yang harusnya adik rayakan.

Manajemen Keuangan yang buruk

Ini krusial banget sih dik. Tau gak dik, dampak tak terduga dari mengabaikan kesehatan keuangan? Pengeluaran yang berlebihan dan terlalu banyak pinjaman atau utang, bisa menciptakan tekanan finansial yang setara dengan gejala PTSD menurut studi terbaru. Selain memengaruhi suasana hati, nafsu makan, performa kerja, hubungan, dan kesehatan mental. Tingkat stres yang tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung sebesar 25% Kalo masih bingung adik bisa cari banyak referensi video atau artikel mengenai cara memanage keuangan, atau kalo mau lebih mantep cari financial advisor, dik.

Manajemen Stress yang buruk

Kaga cuman keuangan yang mesti di-manage dengan baik, stress juga dik. Seringkali adik mengabaikan stres sampe-sampe stres mulai mengganggu aktivitas sehari-hari. Beberapa gejala umum dari stres adalah

  • Sulit untuk berkonsentrasi
  • Sakit dan nyeri
  • Gampang marah
  • Kebiasaan nervous kek gigitin kuku
  • Emotional Rollercoaster

Kalo stres kagak diatasi bisa menyebabkan masalah kesehatan fisik yang serius seperti penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan mental seperti depresi, anxiety dan masalah psikologis. Adik harus cari tahu apa yang membuat adik stres dan cari solusinya. Atau adik bisa niruin apa kebiasaan yang orang-orang sukses lakukan dalam keseharian mereka untuk menghilangkan stres, diantaranya adalah,

  • Ngeset boundaries
  • Olahraga rutin
  • Kerja sesuai to-do-list
  • Tidur teratur
  • Menghabiskan waktu bersama orang terkasih (keluarga, sahabat, cemceman, dll)

Kalo emang masih belum teratasi juga, jangan takut untuk menghubungi profesional ya dik. Jadi itu kebiasaan-kebiasaan buruk yang harus adik hindari, emang dalam prosesnya gabisa instan, yang penting adik tetep mau berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dari hari-hari sebelumnya. Semoga bermanfaat ya, dik!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 3 menit
Dilihat :
42

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait