Kebiasaan-kebiasaan Kecil Yang Ternyata Bisa Menyebabkan Kerusakan Otak

Bacaan 2 menit

Kebiasaan tercipta dari perilaku yang seringkali kita lakukan berulang kali, dan menjadi sesuatu yang secara tidak sadar kita lakukan secara otomatis. Tapi di antara kebiasaan-kebiasaan yang sering kita lakukan ternyata ada yang dampaknya negatif, pak. Jadi ini hal-hal kecil yang bisa bikin kerusakan otak dan cara menanggulanginya ya.

Terlalu banyak waktu sendirian

Emang mesti pas kadarnya, apan kita makhluk sosial pak. Butuh yang namanya kontak sosial. Orang yang punya beberapa temen deket, hidupnya lebih bahagia dan produktif. Dan lebih kecil kemungkinannya menderita penurunan fungsi otak dan kena Alzheimer. Gak mesti ketemuan langsung juga ganapa, pak. Apan bisa liwat grup WA atau zoom2an. Atau jadi relawan aja, pak. Seru dan nambah temen juga.

Sering bener mamam junk food

Orang-orang yang sering bener makan junk food, bagian otaknya yang nge-link sama pembelajaran, memori, dan kesehatan mental makin mengecil. Itu karena mamam junk food bikin kita males gerak, apalagi belajar sehingga dapat menurunkan fungsi memori dan teman-temannya tadi.

Kekencengan dengerin musik pake ear/headphone

Ternyata kagak cuman bikin budeg doang, tapi bisa memperbesar kemungkinan bapak kena Alzheimer dan kehilangan beberapa jaringan otak.

Ngerokok

Bikin otak bapak jadi kecil, pak. Kemampuan bapak mengingat jadi menurun. Memperbesar probabiliti sebanyak dua kali lipat untuk kena Demensia, termasuk Alzheimer, penyakit jantung, diabetes, stroke dan tekanan darah tinggi. Kagak kebayang udah kaum rebahan, sambil hedsetan kenceng, terus ngerokok. Mantep bener.

Demen bener gelap-gelapan

Jika bapak jarang kena paparan sinar matahari, efeknya ternyata bisa bikin depresi, dan itu bisa memperlambat fungsi otak. Penelitian juga menunjukkan bahwa sinar matahari membantu menjaga otak untuk bekerja dengan baik.

Begadang

Ini efeknya mirip-mirip sama ngerokok dan kamu rebahan. Saya ngerti ada beberapa hal yang mesti bapak kerjain kalau malem. Tapi jangan sampe jadi rutinitas, pak. Kaga bagus buat kesehatan.

Intinya mah yak, beberapa hal di atas kita tau itu buruk, dan soal begadang, saya pribadi juga masih sulit mengatasinya. Tapi yuk, pak. Bareng-bareng kita laluin ini. Semoga bapak jadi bisa tau hal-hal kecil yang bisa bikin kerusakan otak dan cara menanggulanginya ya.

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
39

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait