Kebiasaan-kebiasaan Soal Duit Yang Adik-Adik Harus Mulai Dari Sekarang

Bacaan 2 menit

Adik-adik kan udah beranjak dewasa nih, kemungkinan besar juga udah pada punya pendapatan. Tapi kadang adik masih impulsif banget. Gapapa dik, wajar, saya juga gitu dulu soalnya. Makanya ini saya mau ngasih tau kebiasaan-kebiasaan soal uang yang harus dimulai dari sekarang. Biar kaga nyesel kayak saya, taunya pas beberapa tahun setelah kerja.

Budgeting

Ini biar adik disiplin untuk bikin pos-pos uang adik. Banyak sekali metodenya di internet, contohnya kayak metode 50 : 30 : 20 (Kebutuhan : Jajan : Nabung). Nanti kalo udah kebentuk habitnya, adik bisa mulai investasi. Untuk budgetingnya bisa disesuaikan dengan kondisi adik ya, yang penting belajar budgeting dulu, dik.

Menyisihkan tabungan di awal

Biasanya adik nyisihinnya di akhir, itupun kalo ada sisa uangnya. Kalo bisa nyisihin tabungannya di awal dik, ketika adik gajian. Sisihin sesuai porsi yang udah adik tentuin di pos budgeting yang udah adik bikin. Kalo habit ini udah kebentuk, adik bakal gampang banget untuk menabung ke depannya.

Belajar dan mulai investasi

Investasi itu cocok-cocokan, dik. Cari yang sesuai dengan profil resiko dan yang adik suka. Untuk belajarnya juga adik bisa liat di internet, udah banyak banget materinya. Yang dipelajari fundamentalnya ya, bukan saran atau ajakan untuk investasi di salah satu bentuk investasi tertentu. Kenapa sih pak harus investasi? Biar adik-adik dapet duit di masa depan, padahal kagak ngapa-ngapain.

Berhenti impulsif beli barang-barang bodoh

Emang sih biasanya bikin hepi adik. Bener, itu juga dari duit adik. Tapi ini kami mah mau ngasih tau karena udah pengalaman, dik. Barang-barang yang bikin hepi ini umurnya pendek, dik. Karena adik kan orangnya bosenan. Dan biasanya barang-barang bodoh ini beberapa taun lagi kaga kepake. Kek saya waktu beli skin di salah satu game, terus sekarang udah dua taun kaga dimaenin gamenya. Namanya juga bocah angop.

Punya dana darurat

Ini penting banget, dik. Biar kalo tiba-tiba (amit-amit) adik kehilangan sumber pendapatan, adik masih bisa tetep "hidup". Siapin minimal buat hidup 6 bulan yak. Lah terus bedanya sama tabungan apa, pak? Kalo tabungan menurut kami fungsinya untuk membeli mimpi besar ( beli rumah, kendaraan, liburan ke luar negeri, dll) tujuannya biar adik kagak ngutang. Kalo dana darurat ini buat keadaan darurat, contoh motor adik harus servis berat, ini bisa pake dana darurat juga.

Sama satu lagi dik, jauhi segala sesuatu yang bisa memberikan adik uang secara instan (judol, pinjol, dan sebagainya). Itu penyakit banget, dik. Jangan uang yang mengontrol adik, tapi adik yang harus mengontrol uang. Kalo bisa kebiasaan-kebiasaan soal uang yang harus dimulai dari sekarang ini langsung adik terapin abis baca artikel ini. Semoga bermanfaat ya!

Ditulis oleh:
Jamal Robot
Bacaan 2 menit
Dilihat :
33

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait