Kegiatan-Kegiatan yang Bisa Bantu Bapak Tidur dalam Waktu 2 Menit

Bacaan 2 menit

Punya kebiasaan susah tidur di malem hari tuh gak enak bener rasanya karena pasti pas bangun tidur gak berasa seger dan tetep lemes sebadan-badan. Makanya ada beberapa kegiatan berikut yang disaranin buat dilakuin biar kualitas tidurnya membaik.

Mandi air hangat

Setelah aktivitas seharian pasti badan jadi gak karuan, mau itu pegel-pegel, masuk angin, atau otot pada tegang tiba-tiba jadi berasa. Makanya disaranin banget buat mandi air hangat setelah beraktivitas seharian, tujuannya biar otot-otot yang tegang tadi lebih relaks dan kualitas tidur yang dihasilkan nanti lebih bagus. Selain itu juga saat air panas yang dipakai mandi menyentuh badan bapak, tubuh bakal mengalirkan ke seluruh badan jadi suhu tubuh kita lebih tinggi. Nah, saat selesai mandi suhu panas di tubuh dilepaskan di ruangan dan membuat badan mengalami penurunan suhu yang membuat tubuh jadi mengantuk dan lelah.

Menghindari minuman kafein

Menjelang tidur coba buat hindari minuman berkafein yang bisa bikin mata tetep kejaga di malem hari. Karena minuman atau makanan yang mengandung kafein butuh 8 jam untuk hilang dari tubuh, jadi tidak disarankan buat bapak konsumsi kafein terlalu sore yang membuat kafein tersebut bikin mata kejaga di malam harinya.

Tidur dengan suhu rendah

Suhu ruangan kamar yang disarankan saat tidur adalah 18 derajat celcius karena dengan suhu yang dingin akan membuat suhu badan ikut turun. Nah, saat suhu turun  bapak akan lebih mudah untuk tidur. Bandingin aja kalo bapak tidur dengan keadaan ruangan yang panas, pasti gak akan betah apalagi kalo udah banjir sama keringet sebadan-badan. Udah pasti gak akan bisa tidur dan gak akan nyenyak juga tidurnya.

Rutin olahraga

Olahraga tentu bisa bikin tidur jadi lebih cepat dan nyenyak. Cuma aja dosisnya sama seperti kafein, bapak gak bisa olahraga saat waktunya dekat dengan jam tidur karena olahraga tersebut justru bakal bikin bapak susah tidur. Saat waktunya tidur justru badan dan pikiran bapak harus santai supaya dapat kualitas tidur yang baik.

Berjemur di pagi hari

Ternyata membiarkan tubuh terkena paparan sinar matahari di pagi hari selama 30 menit bakal mempengaruhi kualitas tidur bapak. Jadi bukan pas pandemi aja badan harus dijemur ya. Sebaliknya nih pas malam hari bapak harus batasi paparan sinar ke mata contohnya sinar yang ada di layar HP. Pasti udah tau dong kalo sinar dari layar ponsel bakal bikin mata susah merem, jadi mending belajar buat kurang-kurangi main HP menjelang tidur ya.

Mau seberapa padet dan lelahnya pekerjaan bapak, pastikan bapak buat dapet kualitas tidur yang cukup dan bagus ya.

Ditulis oleh:
Atun Gorgom
Bacaan 2 menit
Dilihat :
147

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait