Kegiatan Ramah Lingkungan yang Bisa Diajarkan ke Anak Sejak Dini

03 Oct 2022

Ngajarin anak ramah lingkungan emang paling gampang sejak dini. Soalnya kedepannya ini bakal jadi norma kehidupan mereka. Makin banyak orang yang paham soal lingkungan dan aktivitas yang berdampak buat lingkungan. Jadi ngajarin anak paham sama kegiatan ramah lingkungan sejak dini bisa jadi bentuk survival mereka di masa depan.

Ngajarinnya bisa dari yang paling sederhana dan gampang diikutin kok pak. Kayak gini nih:

  1. Memilah Sampah Plastik dan Kertas
    Memilah sampah bisa jadi kegiatan awal buat diajarin ke anak. Anak bisa belajar ngebedain mana yang kertas dan mana yang plastik juga. Kalo mau mulai ini, bapak kudu mulai di rumah dulu disiplin pilah sampah. Sediain tempat sampah plastik dan kertas jadi anak kagak bingung. Kalo di luaran kan kagak banyak tuh tempat yang milah sampahnya. Jadi paling aman ngajarinnya di rumah.

  2. Menghabiskan Makanan
    Buang-buang makanan tuh selain mubazir kan juga kebiasaan yang kagak baik. Soalnya sampah macam food waste yang berlebihan gini bisa menyumbang gas metana yang gak baik buat bumi. Sebisa mungkin sejak dini, ajarin anak buat abisin makanan. Ajarin ambil makanan secukupnya dan nggak berlebihan dalam hal makan. Yang kayak gini kebiasaan sederhana ramah lingkungan yang bisa jadi kebiasaan baik buat badan juga.

  3. Membawa Botol Minum Sendiri
    Sebenernya tujuannya bawa botol minum sendiri nih maksudnya biar anak lebih sering minum air putih yang dibawa. Jadi biar kagak jajan minuman kemasan di luar. Kalo kebiasaan ini dampaknya dobel pak. Baik buat lingkungan soalnya kagak nyampah minuman kemasan, plus baik buat badan. Daripada minuman kemasan yang manis-manis kan lebih sehat minum air putih.

  4. Tidak Asal Mencabut Tanaman
    Saya tuh paling kesel kalo ada anak yang asal nyabutin tanaman. Random banget gitu gabutnya nyabutin tanaman. Gabut tuh nyapu paving kek atau bikin PLTS di area remot Indonesia timur gitu. Jadinya saya ajarin ke anak saya buat ga asal nyabutin taneman. Selain karena taneman itu sumber oksigen biar manusia bisa napas, merusak makhluk hidup lain itu juga kagak baik. Jadi mulai diajarin cara menyayangi makhluk hidup lain dengan tidak nyabutin taneman secara asal. Kecuali rumput liar ya, pak. Yang kayak gini bisa jadi hama taneman soalnya.

  5. Tidak Buang Buang Air
    Namanya anak kecil pasti seneng banget main air. Kran airnya dibuka terus asik mainan dan lupa ditutup. Sebenernya buat poin ini kagak ada hubungannya buat kesehatan lingkungan. Malahan buat yang tinggal di area cukup air, disaranin buat rajin pake air biar bisa muter airnya dipake lagi. Cuma dengan kagak buang-buang air, kita jadi ngajarin anak biar gak boros dan menghargai apa yang dimiliki. Biar gak kebiasaan meremehkan pemberian alam gitu pak bahasa kerennya.

  6. Perkenalkan Anak dengan Berkebun
    Berkebun yang sederhana aja, pak. Minimal ya tanam apa yang biasa dimakan sehari-hari kayak tomat, terong, kangkung, dll. Kagak perlu nanam padi di sawah juga ya pak, realistis aja kalo buat anak. Ini bisa jadi basic skill buat dia pas gede dan bahan-bahan makanan susah didapet. Bisa nanem sendiri, panen sendiri, makan sendiri. Terus jadi ngasih pemahaman ke anak kalo makanan yang dimakan tuh prosesnya lama dari nanem sampe berbuah, jadi biar kagak buang-buang makanan dan lebih menghargai.

Cara paling gampang nerapin ini semua adalah mulai dari rumah. Jadi keluarga ya kudu konsisten sama kegiatan ramah lingkungan biar anak ngikut. Menjaga lingkungan kewajiban kita semua pak. Biar anak kita nanti bisa tumbuh di lingkungan yang lebih baik.

Ditulis oleh:
Girly
03 Oct 2022
Dilihat :
33

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait