Kenalan sama ChatGPT yang Banyak Manfaatnya

Bacaan 3 menit

Belakangan, beberapa orang lagi rame ngebahas yang namanya ChatGPT. Nah, buat yang belum pernah denger ato belom paham, ChatGPT itu chatbot yang dibikin sama salah satu perusahaan AI (Artificial Intelligence) bernama OpenAI. Makin bingung? Gak apa2 kita bahas satu2, hehehehe.

Jadi, Chatbot itu program komputer yang bisa bales2in pesan berupa teks. Kalo ada yang inget, jaman dulu ada aplikasi namanya Simsimi di smartphone. Simsimi akan menjawab pertanyaan apapun yang kita tulis, walaupun jawabannya banyak yang gak nyambung. Nah, chatbot bisa menjawab banyak pertanyaan karena sudah memiliki teknologi (AI) Artificial Intelligent atau kecerdasan buatan. Cuma kalo dibandingkan dengan ChatGPT dalam menjawab pertanyaan atau menjalankan perintah, ibaratnya Simsimi ini anak bayi yang masih dalam tahap belajar, sedangkan ChatGPT ini udah kayak profesor yang gelarnya bejibun.

Terus chatbot yang canggih kayak ChatGPT buat apaan dong? Jawabannya buanyak banget. Kalo dijelasin atu2 nanti saya bisa pingsan saking banyaknya. Supaya bisa memberikan gambaran lebih jelas, saya sebutin beberapa aja yak, hehehe.

Customer Service/Layanan Pelanggan

Kalo warga lagi browsing2 barang di sebuah website, biasanya di pojokan suka ada icon obrolan buat ngobrol ama customer service (CS). Kalo warga klik bakal keluar kolom chat yang bakal nanggepin warga. Nah, biasanya itu adalah chatbot. Jadi, sebelum dihadapkand dengan orang beneran, lapisan pertama biasanya akan diselesaikan sama si chatbot. Kalau permasalahan yang diajukan semakin rumit, baru deh warga akan dihadapkan sama yang orang beneran. Nah, ChatGPT ini bisa dimanfaatkan buat urusan gitu dan dia jawabnya bakal pinter tuh, udah kayak orang beneran. Tujuan diterapkan chatbot untuk CS biasanya buat ngurangin biaya.

Bantu Kerjain Soal

Buat para warga yang suka bantuin anak, adek, temen, anak tetangga, ato pacar yang suka puyeng ngadepin soal2 sekolah apalagi matematika, ChatGPT bisa bantuin nih. Jadi tinggal ketikin aja tuh soalnya. Nanti ChatGPT bakal bantuin cari jawabannya sekaligus ama caranya. Jadi warga gak perlu lagi ngetik2 di gugel. Kalo warga nyari sembunyi2 juga kan lumayan, bisa dikira seorang jenius, kali aja bisa ditunjuk jadi ketua RT. Etts, tapi jangan disalahgunakan yak, terutama untuk warga yang masih pelajar nih. Ingat petuah bijak: jangan halalkan segala cara!

Digital Marketing

Bagian ini rada teknis yak, karena terkait urusan kerjaan pemasaran digital. Salah satu fungsi ChatGPT, yaitu bisa bantu warga buat nentuin keyword yang lagi tren sesuai industri atau bidang yang warga kerjain. Contohnya, warga mau dagang skinker nih, nah industrinya kan beauty, kosmetik, atau personal care nih, warga bisa langsung suruh ChatGPT buat bantuin cari. Selain itu, formatnya juga bisa dibikin yang rapih, jadi bacanya juga enak gitu.

Copywriting

Apaan lagi nih copywriting? Jadi, gampangnya copywriting itu seni menulis. Biasanya skill copywriting dipakai buat nulis iklan gitu yang harapannya bisa membujuk orang2 buat melakukan sesuatu. Contohnya: Beli sekarang! Jangan besok, apalagi kemarin!, Jangan lewatkan konser musik yang mengubah gaya hidup Anda! Ya sejenis gitulah pokoknya, maap, saya gak jago copywriting, hehehe. Nah, ChatGPT bisa bantu warga buat bikin beberapa contoh copywriting buat jualan produk. Kali aja warga kayak saya gitu, susah bener buat mikir kata2 yang yahud buat membujuk calon pembeli.

Buat Seneng-Seneng

Buat fungsi terakhir ini penting gak penting sih. Yah, jadinya fungsinya kayak Simsimi aja, jadi temen ngobrol ato buat becandaan seneng2 aja. Tapi, emang ChatGPT ini lebih serius aja dibandingkan chatbot yang lain. Pertanyaan dan permintaan receh saya banyak yang gak ditanggepin :(

Nah, di atas adalah beberapa manfaat ChatGPT yang bisa warga cobain. Selebihnya, warga bisa explore sendiri ya, barangkali ada manfaat yang lebih berguna bagi kehidupan dan bangsa. Pesen saya sih cuma satu; tetap bijak dalam menggunakan atau memanfaatkan ChatGPT karena informasi yang diberikan belum tentu 100% benar.

ChatGPT ini juga masih di tahap awal banget, jadi perlu banyak pengembangan ke depannya. Sebaiknya penggunaan AI tetap dikombinasikan dengan pikiran manusia agar hasilnya lebih maksimal dan dapat dipertanggung jawabkan. Lah, jadi panjang pesennya. Pokoknya warga bisa ke mari https://chat.openai.com/chat terus login dan tinggal coba2in deh ngobrol sama AI.

Semoga bermanfaat ya warga!

 

Ditulis oleh:
Erich Chresnanda
Bacaan 3 menit
Dilihat :
413

Bagikan Artikel Ini

Artikel Terkait